MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Jenis - Jenis Proyeksi Bisnis

Jenis - Jenis Proyeksi Bisnis
Add Comments
9 Januari 2020

Dalam sebuah proyeksi bisnis banyak sekali jenisnya dan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Untuk memudahkan sobat memahami proyeksi bisnis, dari penulis membagi jenis proyeksi bisnis dari berbagai sudut pandang yang ada.

Berikut 3 kelompok proyeksi bisnis dilihat dari jangka waktunya, yaitu;

1. Proyeksi Jangka Pendek
Proyeksi bisnis yang hanya digunakan untuk memprediksi keadaan masa yang akan datang dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Proyeksi jangka pendek ini biasanya digunakan untuk proyeksi - proyeksi yang bersifat teknis oprasional yang biasanya dilakukan oleh lower manager.

2. Proyeksi Jangka Menengah
Proyeksi bisnis yang digunakan untuk memprediksi keadaan masa yang akan datang dalam jangka waktu antara satu sampai dengan 3 tahun. Proyeksi jangka menengan ini biasanya digunakan untuk membuat proyeksi yang bersifat administratif yang biasanya dilakukan oleh middle manager.

3. Proyeksi Jangka Panjang
Proyeksi bisnis yang digunakan untuk memprediksi keadaan masa yang akan datang dalam jangka waktu lebih dari 3 tahun. Proyeksi jangka panjang biasanya digunakan untuk proyeksi - proyeksi yang bersifat strategis yang bisanya dilakukan oleh top manager.

Proyeksi dalam penjelasan tersebut sangatlah subjektif, karena tergantung pada jenis bisnis dan daur hidup bisnis yang diproyeksikan. Pada industri padat teknologi dengan perkembangan yang pesat, seperti bisnis komputer.

Jangka waktu dan pihak yang melakukan proyeksi bisnis juga sering dikelompokkan menjadi 3, yaitu; 

1. Proyeksi Kuantitatif 
Merupak metode proyeksi yang didasarkan pada angka - angka yang bersifat kuantitatif (angka pasti). Karena berdasarkan angka - angka pasti maka metode proyeksi ini sering disebut dengan proyeksi objektif

2. Proyeksi Kualitatif
Merupakan metode proyeksi yang didasarkan pada judgement (pendapat) dari pembuat proyeksi, tidak berdasarkan angka yang objektif.

3. Proyeksi Campuran
Metode Proyeksi yang tidak hanya didasarkan pada data kuantitatif atau data kualitif saja, tetapi menggunakan keduanya untuk mempertajam analisis.

Sampai disini yang dapat saya berikan mengenai jenis - jenis proyeksi bisnis, semoga dapat bermanfaat buat sobat semua dan menambang pengetahuan kita tentang bisnis.