MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Langkah Melakukan Pengaturan di Wordpress

Langkah Melakukan Pengaturan di Wordpress
Add Comments
28 Januari 2020

Setelah kita selesai membuat blog atau website, langkah selanjutnya selain terus membuat konten yang berkualitas, juga harus setting pada pengaturan blog kita sendiri - sendiri sesuai jenis konten yang kita buat. Untuk konten kali ini saya akan memberikan pengaturan blog bagi sobat yang menggunakan Wordpress.

Saya akan memberikan pengaturan yang banyak digunakan oleh blogger pengguna Wordpress, berikut langkah - langkahnya;

  1. Sobat bisa masuk pada bagian dasbor, kemudian klik menu setting > general.
  2. Berikutnya akan ada sebuah form pengaturan yang harus sobat isi, Untuk site title dan tagline isi dengan nama tagline sesuai blog sobat  masing -  masing.
  3. Kemudian pada bagian site language, sobat bisa isi bahasa yang digunakan pada blog. Untuk bagian timezone, atur zona atau bagian waktu yang sesuai dengan blog. Pada bagian date format dan time format, atur tanggal dan waktu yang sesuai dengan blog sobat masing - masing.
  4. Jika pengaturan tersebut semua sudah dilakukan, sobat bisa langsung save saja.
Pengaturan Permalink Wordpress

Setelah selesai melakukan pengaturan tadi, berikutnya kita melakukan pengaturan permalink atau permanent link. Langsung saja saya akan membahasa langkah -  langkahnya;

  1. Sobat menuju ke menu setting terlebih dahulu > permalinks
  2. Kemudian untuk bagian common settings, sobat pilih jenis permalink yang akan dipakai di blog. Banyak blogger wordpress yang menyarankan untuk mengandung permalink "sampel post". Tujuan disini supaya sobat bisa mencantumkan judul artikel atau halaman blog pada permalink.
  3. Jika sudah semua bisa langsung klik save.
Sesudah langkah tersebut selesai, sobat berhasil melakukan pengaturan permalink. Berarti, semua pada alamat url blog sobat akan mengikuti pengaturan yang sudah dibuat tadi.

Pengaturan Komentar Wordpress

Selanjutnya setelah selesai melakukan pengaturan permalink, kita lanjut untuk membahas pengaturan komentar. Pengaturan ini juga cukup penting dilakukan supaya bisa mencegah komentar spam. Sobat bisa melakukan cara mengaktifkan moderasi komentar. Berikut langkah - langkah yang dapat dilakukan;

  1. Sobat  masuk ke menu setting, kemudian ke bagian discussion
  2. Selanjutnya bisa menuju ke bagian before a comment appears, berikutnya sobat bisa pilih comment must be manually approved untuk mengaktifkan moderasi komentar.
  3. Selanjutnya bisa klik saja save.
Cara kerja moderasi komentar disini yaitu jika ada setiap pengunjung yang berkomentar di blog sobat akan masuk terlebih dahulu ke email sobat sebelum publish di kolom komentar sobat, jika sobat mengijinkan komentar tersebut maka baru publisih atau tampil komentar pengunjung di blog sobat.