MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Plugin Pendukung Wordpress Wajib di Install

Plugin Pendukung Wordpress Wajib di Install
Add Comments
23 Januari 2020

Bagi sobat yang menggunakan Wordpress pastinya membutuhkan sebuah plugin untuk menambah berbagai fitur. Sebelum sampai ke plugin apa yang wajib di install?, kita ketahui terlebih dahulu apa itu plugin. Plugin yaitu sebuah aplikasi dari bawaan layanan Wordpress untuk mengaktifkan fitur tertentu. 

Untuk sobat semua yang sudah menggunakan Wordpress pasti sudah tau apa itu plugin. Langsung saja kita bahas plugin apa saja yang wajib sobat instal saat menggunakan Wordpress pertama kali;

1. Plugin Jetpack

Plugin jetpack ini merupakan plugin pertama kali yang wajib sobat instal atau pasang di blog. Jetpack ini yaitu sebuah plugin toolkit yang disediakan layanan Wordpress untuk blog. Kelebihan memasang plugin ini sobat bisa menambahkan berbagai fitur. Sangatlah komplit fitur yang disediakan oleh plugin ini, fitur - fiturnya yaitu; statistik web, fitur newsletter, fitur  tombol sharing, dan lain - lainnya.

Berikut saya akan berikan cara menginstal untuk plugin ini;

  1. Masuk ke dasbor blog, plugin > add new
  2. Cari pada bagian atas halaman, kata kunci "Jetpack"
  3. Kemudian Instal Plugin Jetpack
  4. Selesai instal, klik tombol activate, untuk mengaktifkan
  5. Klik tombol set up Jetpack
  6. Login pada akun Wordpress, Setelah masuk klik tombol approve.
  7. Tentukan layanan paket anda, "tentukan paket layanan gratis saja dulu".
  8. Kembali ke blog Wordpress, klik tombol activate recommended features.
  9. Sudah berhasil memasang plugin jetpack.
2. Plugin Yoast SEO

Plugin yang kedua wajib dipasang yaitu yoast SEO. Sangatlah penting untuk sobat memasang plugin ini karena plugin ini bisa membantu optimasi SEO untuk blog kita. Sebelumnya jika sobat asing dengan kata  - kata SEO saya akan berikan pengertiannya, yaitu; Sebuah kegiatan untuk mengoptimalkan blog kita supaya bisa mendapatkan peringkat terbaik atau paling tinggi di hasil penelusuran. Dengan menerapkan fitur ini blog kita bisa berada dalam hasil pencarian tertinggi dihasil penelusuran.

Jika blog kita berada diperingkat atas pencarian google, kita sendiri yang diuntungkan dengan mendapatkan pengunjung yang banyak ke blog kita. Tunggu apa lagi plugin ini tentu wajib dipasang untuk membantu SEO blog kita.
Baca Juga;
3. Plugin Contact Form 7

Manfaat dari plugin ini adalah bisa membantu kita dalam membuat formulir blog. Kita bisa ambil contoh; Form Kontak, Form Pendaftaran, Form Pemesanan. Dengan menggunakan plugin ini kita bisa membuat form - form tersebut dengan mudah. Khusunya bagi sobat  yang menyediakan Jasa Layanan dengan menggunakan plugin ini akan sangat memudahkan kita dalam membuat form - form tersebut.

4. Plugin Akismet

Kelebihan dari plugin ini bisa membantu kita dalam menangani komentar spam yang ada di blog kita. Dengan menggunakan plugin ini kita tidak disusahakan lagi dalam mengurusi komentar spam yang masuk di blog kita. Dengan tidak adanya komentar spam akan memberikan kualitas yang baik juga untuk blog kita di SEO.

Itulah 4 plugin yang wajib sobat instal untuk blog Wordpess sobat, pililah plugin - plugin lain juga yang ada manfaat berarti untuk kegunaan blog sobat. Maksimalkan juga manfaat - manfaat yang dimiliki setiap plugin yang ada untuk mendukung kualitas blog menjadi lebih baik lagi.