MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Cara Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Efektif

Cara Membangun Strategi Komunikasi Pemasaran Yang Efektif
Add Comments
25 Desember 2020

Disini saya akan membahasa 8 langkah dalam mengembangkan dalam program komunikasi dan promosi yang efektif;

1. Mengindentifikasi Audiens Sasaran
Dalam suatu proses identifikasi dimulai dengan pikiran yang jelas tentang audiens sasaran tersebut. Disini Audiens dapat diartikan sebagai calon pembeli produk perusahaan. Jika kita bebicara tentang audiens kembali didalamnya bisa berupa dari individu, kelompok, dan masyarakat. Audines yang tertuju tersebut bisa mempengaruhi keputusan komunikator untuk apa yang dikatakan.

2. Menentukan Tujuan Komunikasi
Komunikator disini harus memutuskan sebuah tanggapan yang diharapkan dari audiens, Artinya disini pemasar ingin mendorong konsumen untuk bertindak. Pembeli disini harus melewati tahapan kognitif, pengaruh dan prilaku.

3. Merancang Pesan 
Komunikator dapat mengembangkan pesan yang efektif, dalam arti pesan tersebut harus menarik perhatian, mempertahankan ketertarikan, membangkitkan keinginan, dan menggerakan tindakan. Dari tahap kesadaran sampai tahap pembelian hanya sedikit pesan yang dapat membawa konsumen untuk melakukan. 

4. Memilih Saluran Komunikasi 
Untuk menyampaikan pesan disini komunikator harus memilih saluran komunikasi yang efisien. Diperlukan juga banyak saluran komunikasi yang berbeda. Dalam penyajiannya juga harus singkat, cepat, dan meyakinkan.

5. Menentukan Jumlah Anggaran Komunikasi Pemasaran
Biaya untuk promosi bisa dikatakan sebagai keputusan pemasaran tersulit karena besaran biaya tersebut perlu dikeluarkan untuk promosi. Perusahaan dan industri memiliki perbedaan dalam jumlah biaya yang mereka keluarkan untuk promosi. 

DAFTAR PUSTAKA; 
Wijayanti, Ratna. Mengelola Komunikasi Pemasaran Terpadu: Universitas Semarang