MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Kebutuhan atau Keinginan

Kebutuhan atau Keinginan
Add Comments
18 Januari 2021

 


Bicara soal kebutuhan dan keinginan sebenarnya sudah pingen saya bahas sejak lama, namun saya masih melihat fakta - faktanya terlebih dahulu tentang ini. Fakta yang saya banyak jumpai sebagian dari masyarakat lebih cenderung mementingkan keinginannya saat mempunyai uang yang cukup.

Tentu hal tersebut akan berakibat buruk kedepannya jika tidak dipertimbangkan dengan baik, dari sebuah keinginan yang dalam jangka waktu pendek sudah tidak diperlukan atau dibutuhkan akan membuat kita rugi dan cuman menyenangkan sesaat.

Keinginan pada dasarnya merupakan sebuah kebutuhan berlebih yang  dianggapnya kurang dari apa yang dimiliki. Sedangkan kebutuhan merupakan segala bentuk barang atau jasa yang kita butuhkan dalam keseharian atau yang bener - bener kita perlukam untuk keseharian kita tanpa berlebihan.

Banyak dari masyarakat sering tidak menyadari bahwa kebutuhan yang mana, ternyata yang mereka beli merupakan sebuah keinginan dan dampaknya pada akhir bulan atau efek panjangnya kita yang merugi dengan uang yang kita belikan untuk kesenangan sesaat.

Dengan kita lebih mengutamakan kepada kebutuhan uang yang kita belanjakan akan tersisa, yang bisa kita gunakan untuk menabung atau menginvastasi. Jika sisa uang tersebut kita gunakan untuk keinginan kita maka diakhir atau jangka panjangnya kita akan rugi sendiri.

Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan:

1. Tanyakan Pada Barang
Kalian ingin membeli barang tersebut karena butuh banget sekarang untuk kalian gunakan atau cuma karena diskon atau barangnya lucu. Hal tersebut perlu kalian timbangkan terlebih dahulu dan kalian hilangkan deh kebiasaan membeli barang yang sebatas cuma diskon dan cuma alesannya lucu. Karena itu merupakan teknik marketing untuk menjualnya dan kali pun bisa membelinya nanti. Beli lah yang kalian butuhkan sekarang.

2. Ngga Beli Sekarang
Jika barang yang ingin kalian tidak digunakan untuk sekarang dan kalian membelinya itu merupakan sebuah keinginan yang harus kalian hilangkan deh. Karena barang tersebut tidak kalian gunakan sekarang dan bisa kalian beli nanti sewaktu kalian benar membutuhkannya. Barang itu masih banyak juga kan? Beli aja nanti?.

3. Pemakaian Barang
Dari barang yang ingin kalian beli pertimbangkan terlebih dahulu. Ini barang cuma bisa diganakan cuman sekarang atau bisa digunakan untuk hari - hari berikutnya. Jika barang tersebut cuma bisa digunakan untuk jangka waktu pendek sebaik hindari pembelian tersebut.

Hal tersebut bisa kita simpulkan pentingnnya mengutamakan kebutuhan dibandingkan keinginan. Jika kita terus menuruti keinginan kita tidak akan ada habisnya yang menyebabkan kondisi keuangan kita akan buruk kedepannya. hal itu kita harus lebih mengutamakan kebutuhan dari pada keinginan.