MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Komunikasi Dan Negosiasi Bisnis - Hambatan, Para Ahli, dan Antar Budaya

Komunikasi Dan Negosiasi Bisnis - Hambatan, Para Ahli, dan Antar Budaya
Add Comments
29 Januari 2021

1. Jelaskan dan beri contoh Hambatan Komunikasi.

JAWABAN:

Disini saya dapat menjelaskan tentang hambatan komunikasi jika ada sesuatu yang menghalangi atau menggangu untuk mencapai sebuah komunikasi yang efektif sudah termasuk dalam menghambat komunikasi tersebut. Untuk lebih mudahnya jika kita melakukan komunikasi dengan lawan bicara ada sesuatu yang menghambat atau menyulitkan untuk mencapai percakapan apa yang ingin kita sampaikan kepada lawan bicara.

Contoh:

- Hambatan Kepribadian

- Hambatan Bahasa

- Hambatan Lingkungan Dan Kondisi Sekitar

 

2. Menurut Courtland L Bovee dan Jhon V. Thilt dalam business communication today, proses komunikasi terdiri atas enam tahap, Jelaskan.

JAWABAN:

> Pengirim Mempunyai Suatu Ide

Disini saya dapat mengartikan bahwa seorang pengrim pesan sebelum menyampaikannya apa yang ingin diberikan atau disampaikan harus mempunyai ide atau sebuah gagasan kepada orang lain atau penerima pesan tersebut. Dengan begitu juga penerima pesan juga mudah menerima apa yg disampaikan kepadanya.

> Pengirim Mengubah Ide Menjadi Sebuah Pesan

Untuk ini dapat diartikan sebagai tujuan untuk ide yang ingin disampaikan akan mudah diterima dan dimengerti dengan baik, ada juga subjek yang harus diperhatikan dalam pengirim pesan yaitu audiens, maksud tujuan, dan gaya personal.

> Pengirim Menyampaikan Pesan

Penjelasan yang dapat saya berikan dalam proses ini bahwa setelah tadi mengubah ide ke dalam pesan, kemudian pengirim memindahakan pesan dengan berbagai arah kepada penerima pesan tersebut.

> Penerima Menerima Pesan

Dalam proses ini bisa dikatakan kumonikasi antar seseorang sudah terjadi, karena pengirim mengirimkan sebuah pesan kemudian penerima tersebut menerima pesan dari pengirim maka sudah terjadi komunikasi.

> Penerima Memberikan Tanggapan

Dalam hal ini semua yang telah diterima oleh penerima pesan dari pengirim pesan, kemudian penerima pesan memberikan tanggapan apa yang telah didapat atau diterima atas penyampaian pesan dari pengirim tadi.

> Umpan Balik (FeedBack)

Umpan balik ini bisa dikatakan sebagai penghubung  akhir dalam sebuah komunikasi. Bisa dikatakan begitu karena jika penerima pesan memberikan umpan balik atau sebuah tanggapan dengan begitu pengirim pesan berhasil dalam memulai komunikasi sebuah pesan tersebut.

 

3. Buatlah pengalaman komunikasi lintas/antar budaya yang pernah anda alami, Sebutkan kendala apa saja yang anda temui dan bagaimana anda mengatasi hambatan tersebut agar tercipta efektifitas komunikasi lintas/antara  budaya?

JAWABAN:

- Pengalaman saya sendiri dalam melakukan komunikasi antar budaya dengan teman kuliah dan juga temen olahraga yang pernah saya alami yaitu, disaat melakukan komunikasi dalam suatu kegiatan terkadang sedikit memiliki kasalah pahaman atau tidak mengerti dalam beberapa kata yang diucapkan, begitu pula sebaliknya, meskipun sudah menggunakan Bahasa Indonesia apa lagi saat mereka menggunakan Bahasa budayanya sendiri.

- Kendala yang saya temui dalam komunikasi antar budaya tadi yaitu intonasi dalam bahasa, sering tidak efektivitas dalam proses komunikasi itu, kesalah pahaman dalam menyampaikan pesan, dan juga ada tidak konektivitas dalam penyampaian dan penerima pesan.

- Cara saya dalam mengatasi hambatan komunikasi antar budaya agar tercipta efektivitas dengan cara mengakui dan menghargai perbedaan, menurut saya ini cukup penting karena setiap manusia diciptakan secara berbeda – beda. Dengan perbedaan ini kita bisa jadikan untuk menjadikan hubungan lebih baik dengan cara saling memahami antar Bahasa yang dimiliki. Saya juga sering mendengarkan secara aktif dalam mengatasi hambatan ini, dengan mendengarkan secara aktif juga merupakan syarat buat mengembangkan sikap empati, dalam mendengarkan secara aktif juga kita bisa memahami dan menghargai perbedaan budaya yang dia miliki sehingga  hambatan komunikasi tadi dapat dikurangi.