MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Kuliah Online

Kuliah Online
Add Comments
2 Januari 2021


Kuliah Online, ini lah yang terjadi ditahun 2020. Dimana hampir semua mahasiswa di dunia merasakan kuliah online ini. Bukan hanya sekedar kuliah, hampir semua aspek yang biasa dilakukan secara langsung karena adanya pandemi ini harus di online kan.

Bisa kuliah online dilakukan oleh orang - orang tertentu yang memilih pendidikannya secara online untuk mengejar karirnya yang lain, Namun saat pandemi ini kita merasakan semua. Banyak sekali baik buruknya kuliah online yang kita ketahui sekarang, yang sebelumnya mungkin kita tidak tau bagaiamana kuliah online dilakukan.

Kita dipaksa untuk melakukan pembelajaran secara online saat itu juga, dengan memanfaatkan secara maksimal teknologi yang ada. Banyak sekali hikmah, pelajaran, bahkan manfaat yang dapat kita ambil saat pandemi ini jika kita berpandangan dari sisi yang positif. Tentu dari hal negatif pun juga banyak.

Saya akan berbagi sedikit keresahan pribadi saat awal dilakukan kuliah online sampai saat ini dari segi positif juga negatif. Kuliah online saya dimulai saat virus covid-19 mulai masuk di indonesia, yahh setelah beberapa hari berita itu muncul dan ada yang kena lagi. Pemerintah menetapkan untuk pembelajaran dilakukan secara daring.

Pada saat awal dimulai kuliah online saya belum tau sistemnya akan bagaimana? Karena cuma diberitahukan untuk dilakukan pembelajaran daring. Oke, keresahan saya disini bukan karena harus kuliah online, tapi karena sistem awal bagaimana struktur pembelajaran online belum disampaikan.

Karena menurut saya cukup membingungkan bagi mahasiswa, ini disuruh belajar daring tapi struktur belajarnya bagaiamana?. Karena langkah awal penjelasan struktur kuliah daring tidak dilakukan banyak mahasiswa yang tidak mengikuti beberapa matkul sampai bahkan 4 pertemuan, dan juga adanya keluar karena tidak tau harus bagiamana menyesuaikan.

Ini merupakan keresahan saya dalam pembelajaran online saat langkah pertama, Untuk para staf universitas atau sekolah manapun, saya mohon ini bener di perhatikan untuk evaluasi.

Untuk kampus saya sendiri karena ada grub WA angkatan jurusan, kemudian di bagikan lah link grub untuk masing - masing makul. Kemudian dalam grub matkul tersebut mulai dibahas struktur pembelajaran.

Oke, kali ini kita akan bahas hal positifnya. Banyak sekali yang dapat kita ambil dari kuliah online ini, terutama untuk orang yang suka dirumah seperti saya. Kita bisa kita bisa menggunakan pakaian apapun dan juga saat apapun, ini merupakan faktor yang membuat kita nyaman dalam belajar online, meskipun baru bangun langsung ikut makul pun bisa, hal ini tidak mungkin kita bisa lakukan saat belajar dikelas.

Kita jadi lebih menghemat biaya besin. Oke, saran saya disini untuk kalian yang kuliah menggunakan motor, uang yang kalian untuk bensin bisa kalian alihkan untuk membeli kuota yang digunakan untuk belajar online ini.

Kita bisa mengasah kereatifan yang belum tentu kita bisa lakukan saat sedang masuk kuliah, seperti membaca buku, kereasi didunia online atau teknologi yang banyak kita bisa lakukan disitu untuk mengasah keratifan masing - masing pribadi.

Itu merupakan 3 hal positif yang paling menonjol yang saya berikan. Tentu ada hal positif lain lagi yang kalian bisa temukan sendiri.

Untuk sisi negatif dalam belajar online. Saya resah pada sistem saat melakukan pembelajaran online. Baik dari dosen atau mahasiswa. Seperti, dari segi dosen dulu nih. Ada dosen yang hanya memberikan materi, absen, lalu tugas setelah itu selesai. "Kalian Dituntut Untuk Bisa Juga Belajar Sendiri". Apakah semua mahasiswa ke pintaranya disamakan sama orang dikelas yang paling pintar?. Oke disitu saya cuma bertanya yaa. 

Kemudian lagi ini merupakan tergantung dari segi mana kita memandang. Saat penjelasan materi banyak mahasiswa yang bisa kurang menangkap penjelasan tersebut. Ini saya resah dan alami juga, Bisa dari mahasiswa yang malas mendengarkan dan juga ada dosen yang buru - buru menjelaskan agar cepat selesai.