MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Cara Membuat Film Pendek

Cara Membuat Film Pendek
Add Comments
11 Februari 2021


Kali ini saya akan membahas seputar dunia film, namun konten ini khusus untuk film pendek saja. Sekarang ini hampir semua bisa membuat karya sebuah film pendek, meskipun alat yang dia punyai hanya sebuah HP. Bisa dikatakan kita bisa membuat film pendek dari alat apapun yang penting bisa merekam.

Tidak semua orang juga bisa menerima sebuah film pendek dari awal sampai akhir meskipun dengan alat semahal apapun, itu bisa disebabkan karena adanya beberapa faktor dalam film pendek tersebut. Oke, kali ini saya akan memberikan Cara Membuat Film Pendek dari alat apapun untuk merekam dengan gambar yah lumayan, untuk bisa dinikmati penonton dari awal sampai akhir. Berikut cara - cara membuat film pendek:

Membuat Cerita Yang Kuat
Cerita merupakan hal yang penting dalam sebuah film apalagi film pendek, yang merupakan sebuah foundation dasar. Kalian juga harus ketahui bahwa HP atau alat apapun yang  kalian gunakan untuk merekam tidak akan bisa mengalahkan kualitas kamera yang dibuat untuk membuat sebuah film. Dengan ini kah kita bisa memanfaatkan cerita yang bagus dengan menggunakan alat seadanya.

Cerita yang baik atau bagus adalah cerita yang jelas kita mau menyampaikan apa dan penonton mau mengikuti cerita dari awal sampai akhir. Dengan cerita yang kuat ini kah kita bisa mengalahkan film yang dibuat dari sebuah kamera DSLR dan sejenisnya. Kita bisa mengumpamakan bahwa cerita yang isinya bisa enak untuk diikutin dalam sebuah film pendek yang ingin kita buat.

Memahami Dasar - Dasar Pengambilan Gambar
Kalian bisa mengambil gambar tidak perlu menggunakan kamera yang profesional, yah memang kualitas gambar akan sedikit berbeda tapi gambar yang bagus bisa menyampaikan pesan yang sudah dibuat cerita kepada penonton.

Cerita yang sampai ke penonton kita harus menguasai beberapa aspek yaitu komposisi, peletakan objek, jenis - jenis shoot, angel, pergerakan kamera dan lainnya

Memahami Penggunaan Cahaya atau Lighting
Pencahayaan cukup penting karena bisa menentukan kulitas gambar film pendek kita. Jika kalian masih belum punya alat untuk pencahayaan kalian bisa memanfaatkan sinar matahari.

Merekam Audio Yang Bagus
Audio ini merupakan faktor sangat penting juga. Jika kalian mempunyai gambar yang bagus tapi suara audio yang tidak jelas akan berpengaruh pada kualitas film pendek kalian dan tidak nyaman ditonton. Cara merekam audio yang bagus bisa dilakukan dengan melakukan perekaman secara terpisah.

Kalian bisa memakai perekam audio tambahan seperti tes cam dan lainnya. Untuk alatnya kalian bisa memakai bom mic, clip on dan lainnya, itu merupakan alat yang lumayan mahal. Untuk solusinya agar minim budget kalian bisa memakai headset dengan memakai HP yang lain, selain yang dibuat untuk merekam.

Editing
Ini merupakan video yang sudah kalian rekam tadi bisa disusun jadi satu cerita yang utuh atau sebuah film. Editing bisa dilakukan bagaiaman kita bisa menyusun cerita dari potongan rekaman yang sudah kalian lakukan tadi dan bisa kalian tambahkan hal kreatif lainnya saat editing.