MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Cara Shooting Menggunakan Satu Kamera

Cara Shooting Menggunakan Satu Kamera
Add Comments
16 Februari 2021


Bagi kalian yang ingin membuat karya dalam sebuah video apapun itu misalnya film pendek, tapi hanya mempunyai satu kamera saja?. Disini saya akan memberikan cara shooting atau merekam dengan menggunakan satu kamera saja menjadikan gambar yang diambil dalam film pendek menjadi bagus.

Sebelumnya disini saya akan memberikan teknik shooting dalam film pendek atau film panjang yaitu Multicam merupakan cara shooting dengan menggunakan banyak kamera sekaligus, yang biasa dipakai untuk adegan yang resikonya tinggi dan jika diulang akan memakan biaya besar, maka dari itu teknik multicam ini dipakai agar saat melakukan adegan cukup sekali saja. Seperti ngeledakin bangunan atau membuat mobil meledak dan lainnya.

Selain itu juga ada teknik Singelcam merupakan cara shooting dengan satu kamera, teknik ini malah sering digunakan saat proses shooting. Teknik ini juga bisa menjadi alasan untuk biaya sewa kamera. Alasan lain juga kenapa teknik Singelcam ini banyak digunakan saat proses shooting karena jika kita menggunakan banyak kamera dengan tipe atau seri yang berbeda maka ketajaman, filter, dan hasil kamera akan berbeda - beda. Teknik Singelcam ini masih mempunyai 2 jenisnya yaitu Master Scene dan Tripel Take.

Langkah Shooting Menggunakan Satu Kamera Dengan Membuat Shootlist

Merupakan kumpulan shoot yang akan kita ambil untuk proses shooting, akan jadi lebih efisien jika kalian membuat Shootlist terlebih dahulu. Shootlist bisa buat sendiri senyaman kalian. Setelah membuatnya bisa kalian ambil saat proses shooting. Kalian bisa membuatnya dengan awalan ceritanya bagaiaman dan kemdian dialog pemainnya.

Teknik Master Scine ini bisa kalian lakukan dengan memulai perekaman shoot utama, kemudian bisa dilanjutkan dengan mengcover dialognya dengan farme yang lebih dekat, dengan pengulangan dialog dari pemainnya. Berikutnya yaitu Tripel Take, pemain tidak perlu mengulangi semua adegan dari awal sampai akhir. Tripel Take ini jika kita mau mengambil shoot ke 2 pemian hanya perlu mengulangi sedikit adegan diakhir dari shoot 1.

Masing - masing tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Untuk dalam hal proses kecepatan shooting teknik Tripel Take akan lebih cepat dibanding dengan teknik Master Scene. Untuk proses editingnya dalam hal pilihan sudut pengambilan kamera memang lebih enak menggunakan Master Scene.