MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Definisi Ancaman Produk Pengganti, Informasi Berkelanjutan, & Setrategi Serangan Umum

Definisi Ancaman Produk Pengganti, Informasi Berkelanjutan, & Setrategi Serangan Umum
Add Comments
25 Februari 2021

1. Jelaskan definisi ancaman produk pengganti dari kekuatan bersaing menurut Michael Porter disertai penerapannya pada perusahaan indomaret.

JAWABAN:

Ancaman ini harus diantisipasi oleh setiap perusahaan, munculnya produk pengganti ini dapat mengurangi keinginan konsumen untuk membeli produk milik kita dan kemudian beralih pada produk pengganti itu. Apabila jika produk itu memiliki kualitas yang sama kita miliki atau bahkan lebih dan juga harganya lebih terjangkau. Tentu hal tersebut konsumen akan perbindah dengan produk pengganti tersebut.

Pada perusahaan indomaret kita bisa ambil dari keunikannya tersendiri,produk sendiri,kenyamanan,keamanan dan kemudahan saat berbelanja dan bertransaksi dan juga harga yang bersaing, meskipun hal tersebut merupakan persaingan antar perusahaan sejenis.

 

2. Jelaskan definisi inovasi berkelanjutan dan jika anda sebagai manajer dari bukalapak, apakah yang anda lakukan untuk menerapkan hal itu?

JAWABAN:

Jika kita Bahasa inovasi terlebih dahulu yaitu proses penemuan kreatif dalam ide – ide yang kita miliki yang berbeda atau lebih baik dari yang sudah ada, sedangkan inovasi berkelanjutan bisa kita katakana sebagai sebuah inovasi yang harus ditingkatkan lagi sampai berusahaan tersebut tumbuh menjadi lebih baik dan terus berkembang, dengan itu dinamakan inovasi berkelanjutan.

Jika saya menjadi manajer salah satu marketplace yaitu bukalapak, saya akan memberikan sebuah inovasi yang berbeda dari marketplace yang lain, karena bukalapak merupakan marketplace yang asli dari Indonesia yang saingannya begitu berat juga seperti shoope dan Lazada yang dari marketplace luar. Contoh disini saya akan memberikan inovasi dalam hal penekanan produk lokal yang kualitasnya sama atau bahkan lebih dari produk luar negri, sehingga jika berhasil bukalapak ini akan dikenal marketplace dengan penjualan produk asli Indonesia yang berkualitas.

 

3. Jelaskan apa saja yang anda ketahui mengenai strategi serangan umum.

JAWABAN:

Yang saya ketahui tentang strategi serangan umum yaitu dari penyerangan yang dari sisi penyamaan sebuah produk iklan, harga, dan distribusi lawannya. Disini mengatakan bahwa pihak yang memiliki sumbar daya yang cukup besar akan menang.

Bisa juga serangan umum ini dari segi pelayanan, perusahaan lawan akan memberikan sebuah pelayanan yang belum terpenuhi dari pesaingnya dan juga bisa menggunakan teknologi baru untuk memenuhi dari segi pelayanan yang efektif.

Berikutnya setrategi serangan umum ini juga bisa kita ketahui dari penurunan harga yang selektif dan juga bisa serangan kilat promosi yang mendalam.