MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Kebiasaan Buruk Bikin Laptop Cepat Rusak

Kebiasaan Buruk Bikin Laptop Cepat Rusak
Add Comments
5 Februari 2021


Siapa nih yang sering menggunakan laptop?. Laptop sekarang ini sering digunakan untuk menunjang kegiatan kita sehari - hari. Nah, bagi kalian yang sering menggunakan laptop memperhatikan dengan baik ngga sih cara memakainya?, agar laptop tetap awet dan tidak cepat rusak. Berikut saya akan memberikan kebiasaan buruk kalian yang sering dilakukan yang membuat laptop cepat rusak.

Menutup Laptop Dalam Keadaan Masih Hidup
Hal ini akan mempengaruhi usia pada laptop yang kalian gunakan dan akan meurunkan performa fitur - fitur yang ada pada laptop pelan - pelan. Solusinya disini kalian bisa matikan laptop dengan Shut Down dulu dan setelah mati kalian bisa tunggu dulu sekitar 1 menit, kemudian kalian bisa menutupnya. Jika kalian menggunakan mode sleep atau tidur itu bukan merupakan solusi, karena didalam laptop masih ada yang berkerja.

Cara Pengisian Daya Salah
Dalam pengisian baterai jangan biarkan habis sama sekali, bahkan sampai mati dan tidak boleh juga mengisi daya terlalu cepat diatas 30%. Solusinya disini kalian bisa isi baterai saat muncul notifikasi pengisian daya pada laptop kalian, sekitar 10% - 20% kalian baru bisa isi baterai kalian jika ingin baterai kalian awet. Kalau kalian masih mengulangi kebiasaan buruk dengan mengisi daya yang salah lama - lama baterai kalian akan drop dan mempengaruhi pengisian daya.

Cara Cas Pada Kabel Ke Laptop Salah
Disini saya memberikan solusi sebaiknya colokan terlebih dahulu cas ke stop kontak kemudian baru kabel cas colokan ke laptop. Jika kalian melakukan sebaliknya, ini akan berdampak pada laju listrik yang belum stabil. Jika kalian melakukan ini berulang kali akan berpengaruh pada kerusakan motherboard kalian.

Mencaput Komponen Eksternal Secara Paksa atau Digoyangkan
Ini biasa dilakukan karena keburu - buru atau saat terlalu susah untuk dicabut. Jika kalian biasa melakukan hal tersebut akan membuat port lama kelamaan akan menjadi longgar. Yang dampaknya lama - lama hardisik atau komponen eksternal lainnya tidak akan terbaca atau tehubung dengan laptop karena portnya yang kendor. Solusinya disini kalian bisa menyabut komponen dengan arah lurus dengan kuat.

Bermain Laptop Diatas Kasur atau Pangkuan
Ini sering dilakukan pengguna laptop dalam posisi enak, ini berpengaruh pada laptop karena tidak bisa menyerap panas dan lubang ventilasi pada laptop tertutup. Solusinya kalian bisa menggunakan laptop ditempat terbuka.

Pakai Laptop Sambil Menikmati Makanan dan Minuman
Hal ini bisa saja laptop terkena cairan atau kotoran lainnya. Kalian bisa memberikan jarak disini antara laptop dengan makanan atau minuman kalian. Kalian juga bisa langsung membersihkan laptop dengan bahan yang lembut sehingga terhindar dari kotoran atau debu yang menempel pada laptop.

Disini kalian bisa berhenti melakukan kesalahan yang sudah saya berikan tersebut. Laptop kalian sebagus apapun jika cara menggunakannya asal - asalan akan cepet juga rusaknya.