MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Keresahan Kuliah Online

Keresahan Kuliah Online
Add Comments
3 Februari 2021

Kuliah Online, inilah kebiasaan baru yang harus kita lakukan di masa pandemi ini. Kita sebagai mahasiswa yang tadinya belajar dikelas, sekarang dituntut untuk kuliah secara online yang sampai kapan kita belum tau.

Bukan hanya kuliah saja. Kegiatan yang lain pun yang sifatnya berkumpul harus dilakukan secara online. Tentu ini timbul banyak keresahan bagi mahasiswa dalam menjalankan kuliah online ini, yang sebenarnya kita tidak pernah menyangka akan melakukan hal ini.

Kita bisa lihat yang pertama dari banyaknya grub wahtsapp dari setiap mata kuliah, tentu itu akan sedikit mengganggu kita, apalagi jika saat jam kosong masih ada notifikasi yang bermunculan. Sampai ada juga yang harus membuat pin khusus grup yang dipilih atau bahkan mematikan notifikasinya.

Selain itu juga saat absensi sangat sulit, mungkin setiap kampus mempunyai cara absensi yang berbeda - beda. Tapi kebanyakan pasti mengalami hal ini, platfrom yang digunakan mengalami kesulitan dalam melakukan adsensi, karena banyaknya mahasiswa yang masuk server secara bersamaan dengan jumlah banyak, yang membuat server platfrom eror dan akhirnya absensi kita telat. Apalagi sebagian mahasiswa ada yang tinggal dijaringan yang kurang memadahi.

Keresahan yang kita alami juga terdapat dalam banyaknya file materi kuliah di Smartphone kita. Hal ini membuat memori hp kita penuh dengan adanya file materi yang harus kita simpan untuk pembelajaran dan juga saat ujian. Saat memori hp kita penuh bisa mengganggu kita dalam menjalankan aplikasi yang lain, untuk hp ketang tentunya. Jika hp kalian sudah melebihi kapasitas penyimpanan tentu hal ini tidak menjadi masalah. Ini perlu ditanyakan juga, apakah semua mahasiswa mempunyai hp yang sama?

Dalam hal penyampaian materi ini juga menjadi keresahan kita sebagai mahasiswa, karena sulit untuk dimengerti saat dosen menjelakan dalam virtual, apalagi kalau cuma hanya sekedar chat. Hal ini membuat kesulitan dalam memahami materi. Dosen juga menyuruh kita harus mengerti materi tersebut, Sedangkan kita masih sulit dalam memahaminya.

Yang terakhir menurut saya keresahan dalam kuliah online ini, terdapat pada saat kita mengirim tugas yang cukup sulit, apalagi saat jaringan sedang down. Tentu dengan jaringan yang buruk akan mempersulit kita dalam melakukan pengiriman tugas.