MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Komunikasi Dan Negosiasi Bisnis - Pesan, Menafsirkan, dan Tujuan Komunikasi

Komunikasi Dan Negosiasi Bisnis - Pesan, Menafsirkan, dan Tujuan Komunikasi
Add Comments
4 Februari 2021

1. Hal apa saja yang harus diperhatikan agar pesan-pesan dapat terorganisasi dengan baik ?

JAWABAN:

> Untuk pertama ini kita harus memperhatikan dalam hal Subjek dengan tujuan dari pesan – pesan tersebut harus jelas.

> Berikutnya dalam hal Semua informasi yang ada harus berhubungan dengan subjek dan tujuan.

> Suatu Ide yang ada harus dibuat dalam bentuk kelompokkan dan juga bisa diberikan dengan menggunakan cara yang logis.

> Yang terpenting juga dalam hal informasi – informasi yang penting juga didapatkan.

2. Bagaimana cara menyampaikan pesan kepada audiens yang memeiliki respon tidak tertarik terhadap pesan yang kita sampaikan ?

JAWABAN:

Menurut saya kita harus memulai dari kata “MENGAPA” untuk memulai membahas pesan yang ingin kita sampaikan kepada audiens yang responnya tidak tertarik. Dengan memulai menggunakan kata tersebut saya sebagai pengirim pesan berusaha menunjukan kepada audiens seberapa pentingnya pesan yang ingin saya sampaikan ini dan juga pesan yang saya sampaikan ini bisa membawa manfaat jika diketahui audiens. Contoh yang bisa saya ambil yaitu “Mengapa Sih Mempelajari Komunikasi Dan Negosisasi Bisnis Penting?.

Berikutnya kita harus bisa membuat audiens untuk paham tujuan pesan yang ingin kita sampaikan, bisa dengan menggunakan gambaran umum dan lainnya.

Didalam penyampaian pesen tersebut bisa disertai dengan cerita yang menarik supaya audiens bisa betah dalam menyimaknya dan jika sudah mulai agak mulai malas lagi kita bisa mengeluarkan statement yang mengejutkan untuk membuat audiens kembali menyimak pesan.

3. Berikan contoh kesalahan dalam menafsirkan pesan yang diakibatkan oleh perbedaan latar belakang dan perbedaan penafsiran kata-kata ?

JAWABAN:

> Perbedaan Sikap Dan Prilaku: Ada seorang yang menerima sebuah pesan kemudian membacanya hanya sesuai minat, berikutnya dia memutarbalikan fakta dari makna pesen yang didapatnya itu.

> Perbedaan Dalam Menafsirkan Kata: Kita bisa ambil dari kata motor dan kendaraan didalam daerah tertentu kata tersebut memiliki arti yang sama dan dapat diganti, Namun jika di daerah lain kata motor dan kendaraan memiliki arti yang berbeda.

> Perbedaan Budaya: Disini kita bisa ambil kebudayaan orang Indonesia dengan negara lain dalam hal menyapa, Bisa orang indonesai menyapa dalam bentuk salaman atau melambaikan tangan, ada perbedaan dengan negara lain untuk cara menyapa ini dengan menundukan setengah badan dan kepala. Jika orang yang tidak tau tentu ini akan menimbulkan penafsiran yang berbeda dalam hal menyapa ini.

4. Salah satu tujuan komunikasi antar pribadi adalah untuk melakukan kerjasama. Apa yang dimaksud dengan hal itu? Berikanlah satu contoh!

JAWABAN:

Disini seseorang antar pribadi tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan dalam hal tertentu atau dalam hal yang ingin dilakukan Kerjasama itu untuk mendapatkan sesuatu yang bermanfaat bagi antar pribadi itu sendiri.

Contoh: Saya ambil dari perkuliahaan, dimana saat dosen memberikan tugas dalam bentuk kelompok biasanya terdiri dari 2 orang atau lebih. Maka di dalam kelompok tersebut akan terjadi komunikasi antar pribadi untuk menyelesaikan tugas kelompok itu dengan lebih baik.