MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Mengenal Bahasa Mandarin (Zhong wen)

Mengenal Bahasa Mandarin (Zhong wen)
Add Comments
17 Maret 2021


Pada konten Life Story ini saya akan bercerita tentang pembelajaran bahasa mandarin yang jurusan saya manajemen. Ini merupakan pengalaman pertama saya dalam belajar bahasa mandarin.

Sebelumnya saya belajar bahasa jawa, indonesia, dan inggirs saja. Tapi, pertanyaan disini kenapa jurusan manajemen harus belajar bahasa mandarin?. 

Memang saat ini saya masih belum menemukan jawabannya, yah karena saya baru melakukan 1 kali tatap muka saja dalam matkul bahasa mandarin ini.

Alasan saya menulis di blog ini, karena kesan pertaman dalam pembelajaran bahasa mandarin ini memang cukup menarik.

Dimana saya yang biasanya cuman menikmati film mandarin dengan subtitel, sekarang harus mempelajarinya. Bagi orang yang sangat pemula seperti saya ini, pertama melihat bahasa mandarin rasanya seperti bayi yang baru belajar kata perkata.

Kata pertama yang saya ketahui ketika belajar bahasa mandarin ini yaitu xie xie artinya terimakasih. Yahh karena kata ini juga banyak sekali orang cina ditelevisi indonesia mengucapkannya juga.

Ketika masuk kedalam materi bahasa mandarin ini saya mulai belajar dengan kalimat, Hanyu Shi Shenme? artinya Apa itu Bahasa Mandarin?. Jika melanjutkan sejarahnya bahasa mandarin ini dikenal dengan sebutan Putonghua /Hanyu yang merupakan standar baku bahasa nasional china modern.

Dalam bahasa mandarin ini saya belajar tentang pinyin (huruf konsonan, huruf vokal, dan nada) dan belajar tentang penulisan. Untuk sistem penulisan pinyin yaitu sebuah alat untuk mempelajari pelafalan bahasa mandarin melalui alfabet roma. piyin ini lebih mudah dihafalkan dan sama seperti alfabet bahasa indonesia.

Sistem penulisan piyin merupakan kombinasi dari konsonan, vokal, dan intonasi/shengdiao. Kemudian untuk mempelajari vokalnya dalam bahasa indonesia yang saya dapatkan seperti ini; vokal a disuarakan seperti kata "apa", vokal o disuarakan seperti kata "orang". dan vokal e disuarakan seperti kata emas.

Ada juga huruf konsonan yang perlu saya pelajari, yaitu; suara sepanjang bibir, suara bibir dengan gigi, suara ujung lidah depan, suara ujung lidah belakang, suara permukaan lidah, dan suara pangkal lidah.

Kemudian jika tadi kalian membaca soal shengdiao adalah intonasi yang mengikuti tiap kata. Pada kata atau suku kata dalam bahasa mandarin mempunyai nadanya masing-masing. Tanda harus diletakan diatas huruf vokal. Suku kata yang mempunyai 2 vokal atau lebih, harus memberi tanda berdasarkan urutan a,o,e,i,u,u'.

Itu saja yang dapat saya berikan di konten Life Story dalam Mengenal Bahasa Mandarin, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca dengan penulisan seperti cerita ini.