MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Tips Mengelola Keuangan Usia 20 Tahun

Tips Mengelola Keuangan Usia 20 Tahun
Add Comments
1 April 2021
Konten kali ini menarik untuk diri saya sendiri, karena sebentar lagi saya mau berumur 20 tahun. Tips Mengelola Keuangan Usia 20 Tahun ini tentu bukan dari saya. Karena saya membuat konten ini juga untuk belajar bersama kalian.

Saya dapatkan tips ini dari mentor virtual untuk mengatur manajemen uang ke depannya. Karena saya kuliah jurusan manajemen, secara tidak langsung mulai semester 4 ini saya mulai memulai ketertarikan dengan manajemen uang sendiri.

Dalam mengelola keuangan memang sangat lah penting dari usia muda, bisa dikatakan semakin muda ya semakin baik. karena nanti akan berpengaruh terhadap jangka panjang keuangan kita. Jika kalian memulai dengan perbedaan berapa tahun, tentu akan berbeda jika kalian menginvestasikan keuangan kalian dengan baik.

Uang yang kalian simpan atau investasikan ini, kalau kalian mau ambil dalam jangka waktu lama hasil atau nilai keuangan kalian akan naik, berbeda jika kalian mengatur uang untuk membeli barang apalagi mencicil yang harga kedepannya pasti akan semakin turun, itu yang menjadikan faktor keuangan kita sehat atau tidaknya.

Tujuan manajemen keuangan yaitu membayar masa depan yang nyaman dengan menunda kesenangan sekarang. Tipsnya kalian bisa menginvestasikan uang kalian sekarang ini dengan mudah bisa dari aplikasi online yang sudah terpercaya, seperti Bibit, Jenius, Bareksa, dan lainnya.

Kalian bisa atur jangka waktu uang kalian kapan mau dipakai dan juga tentukan retrun atau resikonya dalam jangka waktu sesuai kalian. Untuk kalian yang berusia 20 tahun bisa memulainya dengan aplikasi investasi untuk pemula tersebut. 

Investasi ini tentu harus dilakukan dengan konsisten, agar mendapatkan hasilnya nanti di masa depan yang kalian tentukan. Kalian bisa bagi saja pendapatan sebulan berapa, sisahkan uang pendapatan sebulan itu untuk diinvestasikan minimal 25% dan maksimal 50% jika kalian bisa. Saran saya untuk pertama kali kalian investasi saja 25% pendapatan untuk jangka panjang.

Karena 75% pasti kalian butuhkan untuk kebutuhan sekarang. Entah itu bayar listrik, air, konsumsi, dan lainnya. Kita bisa saja membelanjakan uang untuk sesuatu yang tidak kita butuhkan bisa jadi kemudian hari bisa jadi kita menjual yang dibutuhkan, itu merupakan kata warren buffett.

Mengelola keuangan sejak muda memang sangat penting dengan diimbangi oleh investasi. Saya sendiri sangat terbantu sebagai investor pemula yang menggunakan aplikasi bibit ini, untuk memulai investasi saya. Karena Bibit dipastikan aman yang sudah terdaftar di OJK. "Mulai investasi sekarang untuk masa depan lebih baik dan lakukan manajemen keuangan sebaik mungkin".