MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Sih Itu Instrumen Pasar Modal (Sekuritas)?

Apa Sih Itu Instrumen Pasar Modal (Sekuritas)?
Add Comments
27 Mei 2021

Kita bisa lebih mudah mengenal instrumen pasar modal dengan sebutan sekuritas. Sekuritas ini juga biasa disebut dengan surat berharga atau efek. Sekuritas juga merupakan aset finansial atau pernyataan klaim keuangan.

Kita juga dapat mengetahui bahwa sekuritas diperdagangkan di pasar finansial, terdiri dari pasar modal dan pasar uang.

Pasar uang atau bisa disebut juga dengan money market, investor biasanya menggunakan pasar sekuritas untuk jangka pendek. Selain itu juga pada pasar uang, sekuritas yang di jual belikan biasanya Serifikat Bank Indonesia, surat berharga pasar uang, dan lainnya.

Pasar Modal atau biasa disebut dengan capital market, bisanya digunakan investor untuk jangka panjang, bisa bentuk ekuitas dan hutang. Banyak sekali sekuritas yang diperdagangkan di pasar modal indonesia, bisa berupa saham dan saham preferen. Selain itu juga ada berbagai obligasi yang diperjual belikan dalam pasar modal.

Sekuritas Pada Pasar Ekuitas

Saham atau saham preferen merupakan sekuritas yang diperdagangkan di pasar bersifat ekuitas Indonesia. Kita dapat mengetahui sekarang ini saham merupakan sekuritas yang lebih dan banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. 

Sistemnya sekuritas ekuitas bisa diperdagangkan oleh para investor dibursa efek setelah diterbitkan. Indonesia sendiri terdapat 1 bursa efek yaitu Bursa Efek Indonesia atau BEI.

Cara Membeli Saham

Untuk sakarang ini kita bisa mudah dalam membeli sebuah saham yang bahkan sangat lengkap pilihannya. Jika kalian mau membeli sebuah saham individual aplikasi Ajaib saya rekomendasikan untuk kalian yang mau coba.

Saya tidak akan memberikan langkah-langkah membelinya, mungkin saya akan buatkan artikelnya sendiri nanti atau kalian bisa mencari informasinya disitus yang lain.

Tapi kalian harus catatat ini, bahwa saham memiliki fluktuasi pergerakan harga yang cukup tinggi, jadi cocoknya untuk jangka panjang yang pasti akan naik jika akan diambil 5 sampai 10 tahun.

Untuk pemula atau yang baru coba saya sarankan untuk memulainya dengan pasar uang atau obligasi terlebih dahulu di reksadana. Jika kalian sudah tau bagaimana sistemnya dan profil resiko kalian ingin lebih lagi bisa mencoba saham.