MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Sih Sebenarnya Cryptocurrency?

Apa Sih Sebenarnya Cryptocurrency?
Add Comments
16 Juni 2021

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang dasarnya pada sebuah teknologi yaitu blockchain. Dalam aset mata uang digital tersebut terdapat koin seperti bitcoin, ethereum, dan lainnya.

Koin-koin yang terdapat pada cryptocurrency digunakan sebagai bentuk transaksi, pembayaran, dan bisa dijadikan sebagai aset investasi.

Blockchain merupakan desentralisasi cryptocurrency yang menjadikan tidak adanya perusahaan individu. Kalian bisa membeli dan menjual cryptocurrency pada sebuah pasar yang sama.

Kalian harus catat bahwa cryptocurrency memiliki fluktuatif yang tinggi, menjadikannya sangat beresiko. Bisa jadi kalian akan kehilangan semua uang yang dimasukan, begitu sebaliknya kalian bisa mendapat uang berkali lipat dari yang kalian masukan.

Jika kalian tidak mempelajarinya sebelum memasukan uang tentu kemungkinan akan mengalami kerugian yang banyak. Jika sudah tau cara berinvestasi yang benar di cryptocurrency akan memberikan keuntungan dengan mudah.

Bitcoin Contoh Koin Terbesar Cryptocurrency
Merupakan koin cryptocurrency pertama yang fokusnya pada teknologi blockchain dan telah melahirkan altcoin atau koin alternatif. Bitcoin ini dibuat oleh orang yang sulit dipahami pada tahun 2008, bernama Satoshi Nakamoto yang belum diindentifikasi secara pasti.

Bitcoin tidak semua diterima sebagai pembayaran seperti mata uang yang dikeluarkan pemerintah. Nilainya yang sangat fluktuatif ini lah yang menjadikan bitcoin masih belum bisa diterima sebagai alat pembayaran yang sah. Terbaru saat ini saat artikel ditulis hanya 1 negara yang sudah mengesahkan bitcoin sebagai alat pembayarannya yaitu El Salvador.

Tujuan Cryptocurrency
Kita ketahui bersama semakin besarnya orang menggunakan aset digital ini, tentu tujuannya menjadi salah satu alat tukar utama didunia.

Tetapi bisa dikatakan masih sulit, karena bitcoin sebagai alat tukar masih fluktuatif. Utamanya yaitu menjadi alat tukar virtual yang aman dan dilakukan dalam bentuk digital pastinya.

Blockchain
Dari kata tersebut yang saya sebutkan diawal tadi pastinya kalian bertanya, Apa Itu Blockchain?. Kata tersebut tentu identik dengan Bitcoin dan koin lainnya. Sebenarnya Blockchain merupakan salah satu pengguna yang berlaku di luar mata uang virtual.

Intinya blockchain sendiri yaitu suatu jenis sistem yang berfungsi sebagai penyimpanan catatan digital. Disini kalian bisa menggambarkan sebagai rangkaian blok virtual yang berisi data. Informasi yang disimpan itulah berisi tanggal, waktu, jumlah, dan siapa yang melakukan transaksi. 

Setiap blok memiliki pengidentifikasi sepesifik, biasa dikenal sebagai hash. Setiap transaksi itulah dapat diperhitungkan masing-masing. Ini merupakan konsep mendasar blockchain di balik bitcoin.

Istilah Cryptocurrency
Ini perlu kalian ketahui jika berbicara dengan teman yang sudah lama bermain cryptocurrency, karena kata atau istilah ini lah yang biasa dipakai. Jika kalian tahu akan membantu kalian dalam memahami cryptocurrency.

- Bullish dan Bearish: Biasa ini terdapat dalam analisa atau pemikiran, bullish yang mempunyai analisa harga koin akan naik, sebaliknya bearish mempunyai analisa harga koin akan turun.

- Altcoin: Ini biasa disebut untuk koin-koin kecil atau koin selain bitcoin. Bisa dikatakan koin yang terinspirasi dari bitcoin.

- Mining: Proses dalam memvalidasi block dengan imbalan hadiah.

- Buy: Membeli sebuah koin

- Sell: Menjual sebuah koin

- Bid: Nilai jual koin tertentu

- Ask: Nilai beli mata uang tertentu

- Withdraw: Menarik uang yang ada didalam dompet akun kripto ke rekening bank

- Chart: Grafik naik dan turun koin

- FOMO: Rasa takut ketinggalan sebuah update

- Pump-Pump: Mengajak orang untuk membeli aset tertentu dengan tujuan harganya naik

- Dump: menjual koin setelah harganya naik

- HODL: Menahan Koin sampai jangka waktu yang ditentukan sendiri