MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Bicara Baik & Buruknya Inflasi

Bicara Baik & Buruknya Inflasi
Add Comments
17 Juni 2021

Sebelum ke pembahasan nya tentang baik dan buruknya inflasi, kita ketahui dulu apa itu inflasi. Inflasi adalah meningkatnya harga barang atau sebuah jasa secara terus menerus, bisa ini disebabkan karena uang yang dicetak oleh suatu negara semakin banyak yang tidak seimbang dengan barang.

Kita bisa ambil contoh kecil saja, seperti bakso di tahun 2006 misalnya dengan harga Rp3.000 kita sudah mendapatkan 1 porsi mangkok yang sama pada tahun 2021, namun harganya berbeda. Kita ketahui harga bakso sekarang sudah Rp15.000 sampai Rp25.000.

Turunnya mata uang juga menjadi faktor terjadinya inflasi dari tahun ke tahun. Dampak inflasi ini lah bisa kita investasi kan uang kita yang tidak terpakai untuk jangka panjang dalam inflasi.

Dalam melawan inflasi kita bisa investasi seperti di reksadana, emas, saham, atau poperti yang dari tahun ke tahun harganya akan naik. Dengan begitu nilai mata uang kita akan aman dan tidak terpengaruh akan adanya inflasi.

Sebenarnya inflasi baik atau buruk?
Inflasi ini kita tidak sadari pasti akan berdampak pada kehidupan semua orang di warga negara yang terjadi inflasi. Selain terhadap seseorang inflasi akan berdampak pada sektor perekonomian suatu negara yang terjadi inflasi itu.

Jika seseorang tidak sadar akan terjadinya inflasi tentu di mata orang tersebut inflasi merupakan suatu hal yang buruk. Banyak orang yang tidak mengetahui inflasi bisa di manfaatkan untuk menjadikan suatu hal yang baik.

Contohnya orang yang sedang meminjam uang pada suatu bank tentu uang yang akan di kembalikan akan semakin kecil. Di karena kan harga barang akan naik.

Menjadi catatan juga saat meminjam kita juga harus tau uang yang kita pinjam bisa menghasilkan imbal balik keuntungan. Uang yang dipinjam tersebut bisa kita investasi kan di properti, karena harga dari tahun ke tahun pasti akan naik.

Dengan begitu inflasi malah menjadikan nilai yang baik.

Di sisi lain tentu dampak negatifnya juga cukup banyak, seperti dampak pada kehidupan orang akan semakin tertekan. Bisa kita ketahui pada gaji seseorang tentu juga akan berubah saat terjadinya inflasi. Jika gaji tersebut tidak sesuai dengan inflasi yang ada akan menjadikannya akan seperti tertekan dalam waktu ke waktu.

Sisi lain dari yang contoh dampak baik inflasi tadi, pada perbankan akan mengalami kerugian dalam hal peminjaman dalam jangka panjang, karena nilai uang yang dikembalikan semakin kecil.

Inflasi ini sering terjadi di negara indonesia pada saat mendekati hari raya idul fitri. Bisa kita ketahui saat hari raya idul fitri banyak orang yang membeli suatu barang atau bahan masakan yang menjadikan perimintaan barang meningkat, di situlah terjadi kelangkaan yang menjadikan harga barang naik.