MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Kreativitas dan Inovasi Kewirausahaan

Kreativitas dan Inovasi Kewirausahaan
Add Comments
19 Juni 2021

Kreativitas merupakan kemampuan dalam mengembangkan ide baru dan juga cara baru dalam sebuah pemecahan masalah. Terdapat juga ciri-ciri dalam kreativitas dalam ber wirausaha yaitu:
- Memiliki rasa ingin tahu mendalam
- Bisa memberikan sebuah gagasan
- Melihat sebuah masalah dari banyak sudut pandang dan bisa mencari peluang dibalik masalah tersebut

Selain itu terdapat juga cara dalam mengembangkan sebuah kreativitas. Sebagai catatan disini bahwa sebuah ide baru merupakan kreasi yang mudah untuk dihancurkan. Dengan ter dapat pada tempat atau lingkungan yang tepat ide baru tersebut bisa mendorong dan juga mengolahnya.

Merangkul sebuah keragaman merupakan cara yang baik untuk mendapatkan sebuah kreativitas. Mengembangkan kreativitas juga bisa dengan rasa mendorong rasa ingin tahu, untuk wirausaha dan karyawan bisa dengan selalu mengajukan pertanyaan.

Inovasi merupakan kemampuan dalam menerapkan kreativitas untuk pemecahan sebuah masalah. Sebuah inovasi juga bisa dikatakan sebagai penemuan yang baru, tentu inovasi tersebut berbeda dari penemuan sebelumnya. Orang yang menemukan inovasi tersebut biisa dikatakan sebagai inovator.

Ciri inovasi bisa kita temukan dari memiliki sebuah ciri khusus, unsur pembaharuan, dan memiliki tujuan. Inovasi juga bisa kita bedakan menjadi dua macam.

1. Inovasi terjadi karena sengaja. Biasa kita tau dengan kombinasi penemuan yang lama dengan yang baru, kemudian menjadikan suatu yang beda untuk sekarang.

2. Invoasi tidak di sengaja. Penemuan hal baru ini bisa berupa sebuah alat atau sebuah gagasan. Ini dapat menjadi inovasi saat masyarakat mengakuinya dan juga dapat dimanfaatkan hasil tersebut.

Kita juga bisa melakukan berbagai cara dalam meningkatkan inovasi diantaranya yaitu:

1. Memiliki Visi Untuk Berubah
Inovasi tentu memiliki sebuah tujuan, pemimpin tersebut juga bisa mendefisinikan tujuan inovasi tersebut yang bisa orang lain memahaminya.

2. Melawan Ketakutan Akan Terjadinya Perubahan
Pemimpin yang memiliki sifat inovatif ini memiliki rasa semangat yang lebih dalam pentingnya perubahan.

3. Berani Mengambil Resiko
Dalam mengambil resiko tentu juga mencari sebuah keseimbangan dalam kegagalan dan kesuksesan.

Kita dapat menyimpulkan sebuah kraetivitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan hal baru bisa dengan gagasan atau karya yang nyata.

Sedangkan untuk inovasi kita dapat menyimpulkan bahwa kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan masalah dan bisa diikuti dengan menemukan sebuah peluang.