MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Inilah 5 Investasi Mudah Untuk Mahasiswa

Inilah 5 Investasi Mudah Untuk Mahasiswa
Add Comments
1 Juli 2021

Kita sebagai seorang mahasiswa untuk melakukan sebuah investasi bukan menjadi halangan lagi. Sekarang banyak sekali investasi yang bisa dilakukan secara digital dengan mudah.

Sebagian mahasiswa yang baru mencoba investasi mungkin akan kesulitan dalam membaca sebuah tren pasar saham dan juga analisis teknikalnya. Itu bukan alasan untuk seorang mahasiswa untuk menata masa depan lebih baik lagi.

Terus apa sih yang menjadi alasan untuk memulai sebuah investasi dari usia muda atau sejak mahasiswa?

Dengan memanfaatkan waktu yang masih panjang ini di usia muda kita bisa mencapai keuangan yang kita inginkan dimasa depan, meskipun umur kita tidak ada yang tau, setidaknya kita mempersiapkan masa depan kita lebih baik.

Menyiapkan Kehidupan Lebih Baik Untuk Masa Depan
Kalian sebagai mahasiswa sekarang bisa mempertimbangkan gaji UMR yang kalian dapatkan nanti saat sudah lulus kuliah dan berkerja. Apakah bisa memberikan kalian kebebasan financial nantinya?

Dengan itulah kalian perlu investasi se dini mungkin. Mudahnya kalian bisa memberikan kemudahan di masa depan dengan mengumpulkan uang dari sekarang.

Menurut saya menabung dan investasi itu berbeda, meskipun kegiatannya bisa dikatakan sama, namun konsepnya menurut saya pribadi sangat berbeda. Dengan investasi kita bisa dihadapi dengan resiko yang lebih tinggi, namun imbal hasilnya juga tinggi untuk masa depan.

Dengan investasi tujuan pemgumpulan uang kalian akan lebih terkonsep, tertuju, dan terfokus unutk masa depan. Misal untuk membeli rumah saat usia kurang dari 30 tahun.

Sebagai seorang mahasiswa kita bisa mulai dengan investasi dengan jumlah yang kecil per minggu atau perbulan. Kalian bisa yakin dengan kosistennya kalian investasi dalam jangka waktu panjang 5,10, bahkan 20 tahun ke dapan akan berdampak baik bagi kalian kedepannya.

Kebebasan Finansial
Kita sebagai seorang mahasiswa yang masih mudah, jika nanti lulus bekerja atau bahkan menjadi seorang mahasiswa sudah bekerja untuk mendapatkan uang, dengan investasi sejak muda sekarang ini bisa menjadikan uang yang bekerja untuk anda di masa depan.

Jika kalian tau sebuah investasi mempunyai sebuah bunga majemuk atau bisa disebut dengan compound interest merupakan perkembang biakan uangkan dengan sendirinya seiring waktu berjalan, bisa disebut dengan bunga ber bunga.

Kita Bisa Lebih Punya Waktu Untuk Mengejar Passion
Banyak orang yang harus bekerja dengan pekerjaan yang tidak dia sukai karena harus mencari uang dalam waktu itu juga dan kebutuhan untuk waktu itu juga. Pada akhirnya mereka tidak bisa mengejar passionnya.

Dengan investasi sejak dini ini bisa menjadi pemecahan masalah tersebut. Kalian bisa menjadi freelancer atau bahkan full time traveler, ini bisa kalian lakukan jika sudah mempunyai jaringan yang kuat dalam finansial.

Rekomendasi Produk Investasi Untuk Mahasiswa

1. Logam Mulia (Emas)

Ini merupakan jenis investasi yang menjadi unggulan sejak jaman dulu. Karena ini termasuk produk investasi yang aman. Ini juga bisa dikategorikan mudah untuk mahasiswa atau mungkin bisa menjadi modal kalian nanti untuk menikah.

Jaman digital sekarang ini ada yang menjual emas digital dengan minimal pembelian 0,01 gram saja kalian bisa memiliki emas. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak bisa membelinya.

2. Peer to Peer Lending

Jika kalian mau investasi di P2P Lending ini bisa melalui perantara aplikasi. Sistem investasi ini adalah kalian merupakan pemodal, pemberi uang, atau pemberi utang untuk UKM, Perusahaan, atau Orang yang membutuhkan modal.

Gampangnya kalian memberikan utang kepada orang lain dengan imbal balik yang lebih dari jumlah uang yang kalian berikan. Modal yang digunakan untuk investasi ini memang cukup beragarm tergantung penwaran yang diberikan.

3. Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

Dengan membeli surat utang negara mempunyai resiko yang kecil. Kalian bisa membelinya melalui bank atau aplikasi digital yang resmi diawasi oleh OJK. Modal investasi bisa disesuaikan dengan modal kalian.

Investasi ORI ini bisa di bilang menguntungkan karena kalian dapat menerima kupon secara rutin dari negara. Kalian bisa menjualnya pada pasar sekunder, harga yang diberikan pada pasar sekunder biasanya lebih tingga dari harga beli awal.

Selain itu kalian secara tidak langsung sudah ikut dalam membangun negeri jika berinvestasi di ORI ini. Karena pembiyaaan digunakan untuk bantuan subsidi, infrakstrutur, dan lainnya.

4. Reksadana

Sekarang ini kalian bisa membeli reksadana dengan mudah melalui aplikasi digital yang sudah ada dan juga sudah aman. Mendaftarnya pun sangat mudah, hanya perlu sedikit waktu untuk bisa membeli rekasadana. 

Saran saya pahami dulu instrumen atau produk reksadana yang ada dan sesuaikan dengan tujuan investasi kalian, karena ini sangat berpengaruh pada profil resiko kalian. Meskipun dana kalian akan di kelola oleh manajer profesional.

Unit reksadana ini akan bertambah mahal seiring waktu dan sistem pasar. Ini sangat lah cocok bagi mahasiswa atau pemula yang belum mempunyai kemampuan atau pengetahuan apapun tentang pasar investasi. Kalian bisa tenang investasi karena dana kalian dikelola oleh manajer investasi.

5. Trading Saham atau Saham Indeks

Kalian harus siapkan mental juga jika sudah mau memulai masuk ke Pasar Saham. Untuk sekarang kalian bisa mendaftar dengan mudah melalui aplikasi sekuritas digital yang sudah aman dan di awasi oleh OJK. 

Analisis teknikal dan fundamental juga harus kalian pelajari jika mau masuk ke Saham. Disini kalian harus membeli minimal 1 lot atau 100 lembar saham. Tentu harganya akan berbeda setiap perusahaan dan juga akan berubah-ubah saat jam kerja bursa. Kalian bisa memulai dengan jumlah kecil dulu untuk meminimalkan resiko.

Jika kalian takut resiko perusahaan yang kalian pilih akan turun terus dan bahkan bangkrut, bisa memilih saham indeks, karena ini juga cocok untuk investor pemula.