MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Sosial Media

Sosial Media
Add Comments
3 Juli 2021

Saya disclaimer dulu di awal seluruh artikel ini berisi opini saya pribadi, jadi jika kalian tidak setuju atau memiliki pendapat lain soal media sosial bisa tuliskan di kolom komentar, kita diskusikan sama-sama.

Bicara soal media sosial sekarang ini banyak sekali penggunanya, banyak yang memanfaatkan untuk hal positif dan banyak juga oknum yang memanfaatkan untuk hal negatif.

Saya pribadi menulis artikel ini berdasarkan keresahan pribadi saya sendiri. Dengan banyaknya pengguna media sosial konten kreator semakin banyak muncul dengan ide kreatif yang baru. Ada juga banyak bisnis atau pekerjaan lewat media sosial.

Selain itu banyak juga kasus penipuan yang baru atau modus penipuan baru lewat media sosial ini, memang itu semua kembali kepada kita sebagai penggunanya, bagaimana kita harus mengerti jika ada penipuan yang datang.

Keresahan saya yang lain juga timbul dari kecanduan media sosial. Banyak yang menggunakan media sosial cuman hanya demi mencari like atau view, yang jika turun bisa mengalami stres atau kepikiran seharian.

Kecanduan yang lain juga lamanya bermain media sosial yang menjadikan lupa kegiatan didunia nyata. Dengan adanya hal itu sekarang ada yang membangun sebuah rumah atau rumah sakit untuk kesehatan mental dari dampak kecanduan media sosial ini.

Menurut saya kita boleh saja lama bermain media sosial atau mencari insight (like & view). Tapi melihat porsi kita sebagai apa di media sosial. Kalau kita hanya orang biasa yang pekerjaannya banyak di dunia nyata, bermain media sosial cukup seperlunya saja.

Beda lagi jika kita di media sosial bisa mendapatkan uang yang pasti atau ada tujuan untuk membangun bisnis, bermain media sosial lama mungkin ada feedback besarnya.

Oke, bermain media sosial kan hak individu?. Tanpa kita sadari bermain media sosial secara lama bisa berpengaruh pada kesehatan mental atau mengganggu produktivitas keseharian.

Jadi bagi waktu sebaik mungkin antara media sosial dan keseharian kita yang harus dijalani. Ada lagi nih pembagian waktu di media sosial dan media sosial, maksudnya bagaimana?

Bagi kalian yang menjadi konten kreator atau apapun yang mencari uang di media sosial bisa membaginya lagi, antara waktu mana untuk kesenangan dan mencari uang.

Untuk kalian yang masih punya waktu luang bisa gunakan untuk mengasah ide kreatif di media sosial juga, seperti instagram, youtube, blog, atau apapun yang ada nilai atau paling tidak menghibur. Jadi media sosial juga bisa menjadikan kalian produktif.

Bukan pasif saja menonton karya orang terus menerus. Boleh sih menonton karya orang untuk pengetahuan, refrensi konten atau menghibur diri sendiri. Tapi apa tidak sayang jika kita cuman penikmat saja, tanpa mau untuk mencoba.