MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Alasan Untuk Tidak Menjadi Sociopreneur

Alasan Untuk Tidak Menjadi Sociopreneur
Add Comments
27 Agustus 2021

Apakah alasan kamu untuk menjadi seorang sociopreneur itu udah tepat atau masih perlu dievaluasi?, karena memulai suatu usaha sosial itu tidak mudah banyak sebenarnya akhirnya harus mundur atau berubah haluan karena punya motivasi dan ekspektasi yang kurang tepat.

Apa aja sih alasan alasan untuk tidak menjadi seorang sociopreneur yang pertama adalah kamu memiliki fashion yang kuat tapi belum siap untuk menjalankan suatu usaha. Penting, tapi kalau hanya berbekal fashion tidak akan membuat kamu sukses dalam menjalankan usaha sosial kamu akan menghadapi berbagai masalah yang sama dengan internet mulai dari sulitnya mencari sumber daya manusia yang tepat program-program tidak berjalan sesuai rencana sampai uang kamu yang mungkin semakin menipis. 

Kalau kamu merasa kurang memiliki kecakapan berbisnis, Mungkin kamu bisa coba bekerja dulu di usaha lain atau di perusahaan atau kamu bisa coba mencari seorang yang bisa mengisi kekurangan kamu.

Alasan kedua adalah kamu terlalu bersemangat untuk mewujudkan, hingga kamu mengabaikan keterbatasan yang kamu miliki. Sekali lagi semangat memang penting tapi semangat yang berlebihan terkadang membutakan kamu dalam melihat kekurangan yang kamu miliki jadi kurang jeli.

Keinginan untuk merealisasikan ide yang sempurna bisa saja membuat kamu mengeluarkan biaya berlebih di tengah keterbatasan dana yang dimiliki bahkan terkadang kamu merasa harus menunggu waktu yang tepat agar ide yang kamu punya bisa terlaksana dengan sempurna, akibatnya banyak waktu dan sumber daya yang terbuang sia-sia karena kamu terlalu terpaku pada idealisme yang kamu miliki.

Alasan ketiga kamu terlalu fokus untuk mendapatkan profit atau uang tidak semua yang kamu miliki bisa menghasilkan keuntungan mengembangkan sebuah usaha sosial membutuhkan waktu yang cukup lama karena usaha sosial memiliki tujuan ganda yaitu mendapatkan keuntungan dan memberikan manfaat sosial ada banyak yang mengorbankan kesempatan mereka untuk hidup mewah 

Ada beberapa orang yang ingin membuat usaha sosial hanya karena bosan dengan pekerjaan yang dimiliki, mereka berharap dengan mendirikan usaha sosial mereka bisa mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menantang bermakna dan menghilangkan kebosanan, ini adalah pemikiran yang kurang tepat karena justru dengan mendirikan usaha sosial pekerjaanmu akan menjadi lebih berat dan dengan kemajuan yang mungkin saat itulah rasa lelah dan bosan akan muncul kembali.

Terakhir adalah kamu ingin berkontribusi kepada masyarakat tapi belum memiliki bekal yang cukup untuk menjadi seorang sosok benar untuk bisa berhasil dalam mendirikan usaha sosial kamu perlu memiliki dan mengorbankan banyak hal tanpa fashion tujuan yang jelas dan kemampuan berwirausaha yang mumpuni.

Baca Juga: Perbedaan Sociopreneurship dan Entrepreneurship

Usaha sosial yang kamu jalankan mungkin tidak akan berkelanjutan Jika kamu ingin berkontribusi untuk masyarakat tapi merasa belum memiliki bekal yang cukup ingat ada banyak cara yang bisa kamu tempuh kamu bisa mengambil cuti untuk menjadi relawan.

Intinya jangan pernah menyerah untuk menebar manfaat bagi sesama. 

setelah mengetahui karakteristik Sociopreneur dan beberapa alasan yang mungkin kurang tepat, saatnya kamu untuk mengevaluasi berapa siapkah kamu menjadi Sociopreneur.