MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Itu Pasar Modal?

Apa Itu Pasar Modal?
Add Comments
9 Agustus 2021

Kita dapat ketahui pasar modal indonesia banyak yang ngomongin tentang saham atau juga reksadana. Emang apa sih sedeket apa pasar modal tentang kita?

Jika kalian tau produk yang ada di pasar modal pasti ada yang kita pakai sehari-hari seperti indofood, unilever, astra, atau juga bank konvesional yang kita gunakan saat ini seperti BRI, BNI, Mandiri, dan juga BCA.

Itu merupakan produk yang ada di pasar modal. Banyak menjadi pertanyaan, ahh saham cuman orang kaya yang bisa?. apakah kita sebagai mahasiswa atau dengan penghasilan pas-pasan bisa membeli perusahaan yang ada di pasar modal?.

Membeli perusahaan yang ada di produk pasar modal bisa kita lakukan dengan modal yang sangat kecil. Bahkan 1 lot saham BNI sekarang bisa kita beli dengan harga Rp500.000an saat artikel ini dibuat.

Apalagi perusahaan yang masih nilainya dibawah bank BNI, harganya bisa lebih murah. Investasi juga bisa kita lakukan dengan menabung atau Cost Averaging, dengan tujuan jangka panjang.

Pasar Modal sendiri merupakan suatu kegiatan yang berhubungan pada penawaran umum dan perdagangan efek.

Pasar Modal merupakan suatu alternatif, Selain menabung pada emas, asuransi, dan poperti. Pasar modal sendiri memiliki jenisnya dalam UU No. 8/1995. Inti didalamnya pasar modal merupakan suatu instrumen investasi atau keuangan dalam jangka panjang. Contohnya; Obligasi, Saham, dan Reksadana.

Memang tujuan keuangan setiap orang berbeda-beda, bisa saja pasar modal digunakan untuk jangka menengah atau pendek. Namun, sebaiknya kita menyesuaikan profil resiko pribadi masing-masing dalam membeli instrumen di pasar modal ini.

Manfaat Pasar Modal

1. Pasar Modal bisa menjadi pengalokasian investasi yang efisien
2. Pasar Modal dapat meningkatkan aktivitas ekonomi nasional, karena perusahaan lebih mudah mendapatkan dana dari para investor.
3. Pasar Modal bisa menjadi penghubung antara investor dan perusahaan untuk perdagangan instrument jangka panjang.

Sistem Keuangan dan Pasar Uang

Pada dasarnya sistem keuangan merupakan kumpulan pasar, teknik, institusi, dan peraturan. Peranan utama sistem keuangan ini yaitu mengalihkan kelebihan dana dari masyarakat kepada peminjam yang akan digunakan untuk kegiatan investasi.

Fungsi Sistem Keuangan

1. Tabungan
2. Penyimpanan Kekayaan
3. Fungsi Likuidasi
4. Kredit
5. Pembayaran

Investasi

Dalam pasar modal kita perlu tau apa itu investasi. Investasi adalah sebuah komitmen diri kita pribadi dalam menyimpan sumber dana kita saat ini, untuk tujuan memperoleh keuntungan dimasa depan nantinya. Tentu investasi ini dibutuhkan komitmen dan konsisten dalam menyimpan sumber daya kita terus menerus sampai tujuan yang kita inginkan.

Investasi juga bisa mengurangi resiko di instrument pasar modal ini, karena harga yang kita beli bisa menjadi rata-rata. Apalagi saat kita selalu membeli pas di harga bawah saat memasukan dana kita.