MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Hidup Yang Bikin Mahal

Hidup Yang Bikin Mahal
Add Comments
16 Agustus 2021

Kenapa semua orang mempunyai pengeluaran nya masing-masing?, iya pastinya karena mereka memiliki kebutuhan dan keinginannya masing-masing.

Sebelumnya ini merupakan konten personal, jadi semua isi konten ini berdasarkan dari pendapat saya pribadi.

Terus apa sih yang membuat hidup mahal?

Sebenarnya hidup itu bisa kita lakukan dengan sederhana sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.

Yang membuat mahal kebanyakan orang biasanya yaitu gengsi. Kenapa Gengsi? dengan kita timbul rasa gengsi maka kita akan membeli sesuatu yang kita inginkan yang sebenarnya tidak kita butuhkan saat ini dan bahkan tidak kita butuhkan sama sekali.

Dengan hal ini pengeluaran yang kita lakukan akan semakin besar dan terus bertambah besar. Jadi dalam hal ini kita sangat perlu mengatur ego kita terhadap sesuatu yang ada disekitar kita.

Contohnya, teman kita atau tetangga kita naiknya motor-motor atau mobil-mobil keren, kita yang mempunyai sebuah motor biasa aja merasa gengsi dengan teman dan tetangga kita yang naiknya motor dan mobil keren, karena gengsi atau ego kita akhirnya kita membeli lah motor keren yang fungsi dan nilainya sebenarnya sama yang digunakan untuk keseharian kita.

Oke, boleh kita membeli motor keren itu contohnya, tapi apakah keuangan yang kita miliki udah siap sekarang?. Hal tersebut harus menjadi pertanyaan terhadap diri kita sendiri.

Baca Juga: Bersyukur Dulu Yuk

Setiap orang memiliki waktunya masing-masing dalam memperoleh apa yang mau di capai atau apa yang menjadi tujuannya. Pastinya semua butuh proses dalam mencapai tujuannya.

Bagaimana dalam proses tersebut kita bisa konsisten dan kerja keras untuk mencapai tujuan, tanpa adanya keinginan seperti hal yang tidak penting yaitu gengsi. Gengsi dalam hal keuangan bisa menjadikan kita berhutang atau mempunyai cicilan yang tidak produktif atau hutang dan cicilan tidak menghasilkan sesuatu, tentu itu akan menyusahkan diri sendiri.

Hutang atau cicilan boleh saja, asalkan hutang dan cicilan tersebut bisa membuat feedback atau menghasilkan timbal balik berupa penghasilan sesuai yang kita ingin kan.

Gengsi juga bisa kita ambil sisi positif nya juga loh, jika kita mau melihat dari sudut padang yang lain, yaitu dengan merubah nya jadi motivasi terhadap seseorang atau orang terdekat kita atas apa yang dia capai.

Bagaimana kita bisa mendapatkan apa yang seseorang capai dengan cara belajar dari mereka yang sudah dapat mencapai nya atau dengan cara kita sendiri.

Saat kita berada dalam proses atas apa yang mau kita capai, bisa dengan hidup dengan apa yang kita butuhkan saja. Maka dengan itu kita akan jauh dari hidup yang bikin mahal menurut kita masing-masing.

Mahal dan sederhana sendiri pastinya setiap orang memiliki ukurannya masing-masing. Jadi kita dapat mahal atau sederhananya dari hidup kita sendiri, mulai dari membedakan kebutuhan dan keinginan kita masing-masing. Selain itu juga menghindari gengsi yang negatif.

Konten kali ini saya tidak bermaksud mengajari atau edukasi, semuanya ini saya buat hanya karena ingin berbagi dan buat saya belajar sendiri juga.