MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Perbedaan Sociopreneurship dan Entrepreneurship

Perbedaan Sociopreneurship dan Entrepreneurship
Add Comments
26 Agustus 2021

Mungkin dari kita masih baru mengenal apa itu Sociopreneurship dan Entrepreneurship. Sebelum kita membahas perbedaan antara keduanya, saya ingin menjelaskan sedikit apa itu Entrepreneurship?.

Secara umum Entrepreneurship adalah sebuah proses dimana seseorang menciptakan atau menambah nilai dari sebuah produk atau jasa yang kemudian menjualnya kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Biasanya bisnis yang dirintis oleh para entrepreneur ini disebut start up, yaitu sama-sama ingin menciptakan atau menambah nilai dari sebuah produk atau jasa yang kemudian menjualnya dan mendapatkan keuntungan tapi bedanya adalah seorang Sociopreneurship membawa misi sosial atau lingkungan di dalam bisnisnya. 

Di awal kelompok sosial berdiri kami banyak mendapatkan pertanyaan dari orang-orang yang mendengarkan istilah Sociopreneurship.

Baca Juga: Kreativitas dan Inovasi Kewirausahaan

sampai sekarang memang belum ada satu definisi usaha sosial yang pasti baik di Indonesia maupun di dunia 

Di Indonesia melalui laporan Di Art of sustainable Giving yang dirilis oleh Boston Consulting group di tahun 2015. usaha sosial disebut sebagai usaha yang memiliki misi sosial atau lingkungan sebagai tujuan utamanya yang menggunakan model bisnis sebagai tools untuk mencapai tujuan tersebut yang berusaha menyeimbangkan antara keuntungan finansial dengan dapat bisnis.

Organisasi bernama Asoka seorang sosial primer adalah individu yang membuat solusi inovatif untuk menyelesaikan permasalahan sosial, budaya atau lingkungan yang sangat mendesak di masyarakat. 

Meskipun definisi utang sosial pasti tidak ada dan mungkin tidak akan pernah ada tapi saya yakin spirit dan semangat dari kewirausahaan sosial Ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan ditanamkan di masyarakat Indonesia.

Salah satu jurnal di Indonesia ternyata istilah kewirausahaan sosial itu sudah dikenal di Indonesia sejak 1983 mungkin kamu juga sudah pernah mendengar beberapa contoh usaha sosial seperti Sekolah Kartini atau Serikat Dagang Islam atau Muhammadiyah.

Disini kita dapat menyimpulkan bahwa Sociopreneurship merupakan orang atau sebuah perkumpulan orang yang mendirikan sebuah usaha dengan tujuan untuk kegiatan sosial atau kebutuhan sosial. Dengan begitu uang yang didapat dari hasil usaha tersebut untuk dibagi ke pada tujuan sosial, bukan untuk pribadi.

Sedangkan untuk Entrepreneurship kita sudah banyak tau bahwa seseorang membangun usaha atau sudah menjadi pemilik usaha tersebut yang mendapatkan keuntungan usahanya untuk kepentingan pribadi.