MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

6 Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik Paling Canggih

6 Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik Paling Canggih
Add Comments
8 September 2021
Dalam kreativitas manusia membuat sumber daya alam yang terbatas menghasilkan berbagai teknologi yang sangat bermanfaat untuk manusia. Dalam teknologi pembangkit listrik, kini banyak pembangkit listrik alternatif yang murah dan ramah lingkungan.

Turbulent Turbines
Cara kerja nya pertama dibuat galian di tepi sungai atau kanal untuk aliran masuk dan keluar air lalu di gerai tersebut dipasang lah dinding saluran yang bisa dibuka tutup.

Ditengah nya dipasang generator pembangkit, pusaran yang timbul dari saluran air masuk akan membuat turbin berputar membuat pembangkit listrik ini ramah lingkungan.

bahkan ikan bisa bebas berenang keluar masuk di saluran pembangkit ini. Energi listrik yang dihasilkan bisa melayani 300 rumah setiap saat.

Kouris Center Turbine
Beberapa besar Pembangkit Listrik Tenaga Air memakai gravitasi sendiri untuk kekuatan pendorong. Menggunakan gravitasi yang di kombinasi kan dengan energi kinetik rotasi bumi.

Ini membuat KCT lebih efisien dan memungkinkan hasil yang lebih tinggi.  Cara Kerja nya air mengalir ke dalam bilik yang membuat pusaran untuk bergerak keluar melalui drainase sebuah baling-baling di tengah bilik diputar oleh kombinasi gravitasi dan gaya rotasi bumi dan dihasilkan sebesar 10 W hingga 300 KW.

Waterotor Bawah Air
Ditempatkan di bawah permukaan air dan mampu mengubah lebih 50% energi yang dihasilkan aliran air. Bahkan air bergerak lambat sekalipun alat ini bisa bekerja di aliran air berkecepatan 3,2 kilometer/jam. Listrik yang dihasilkan paling rendah 1000 W hingga 100 MW. Canggih nya alat ini sifatnya portable jadi bisa dipindahkan sesuai kebutuhan.


Hydropower Screw Turbine
Prinsip utama turbine ini menggunakan hukum pompa screw arsimetis. Teknologi sebenarnya sudah digunakan di zaman Mesir kuno. Teknik ini digunakan untuk mengangkut air dari Sungai Nil.

Di zaman sekarang teknologi dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang bisa memberi daya hingga 800 KW setiap circle. HST ini Bisa dikendalikan melalui wi-fi, bisa dikatakan ini sudah canggih. 

Hydropower Floating Turbines
Turbin ini juga merupakan pembangkit dibawah permukaan air. Cara kerjanya yaitu mengubah energi dari arus yang lambat menjadi energi listrik. Bentuknya mirip baling-baling pesawat ini bisa masuk listrik setiap hari atau setara 8500 KWH setahun 30 rumah dan kantor-kantor kecil.

Albini Screw Turbines
Mengalirkan air ke sungai dan alirannya memutar turbin yang akan mengubah energi tersebut menjadi listrik. Turbin ini dapat menghasilkan hingga sekitar 500 KW daya listrik itu baru satu, belum dipasang beberapa turbin.


Itu merupakan teknologi pembangkit tenaga listrik yang canggih di dunia ini. Jadi menurut kalian teknologi mana yang paling canggih, atau kalian ada teknologi Pembangkit Tenaga Listrik yang lebih canggih di antara ini?. Berikan saja nama teknologinya di kolom komentar.