MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Itu Reksadana Obligasi?

Apa Itu Reksadana Obligasi?
Add Comments
30 September 2021

Bicara soal reksadana obligasi memang tidak terlepas dari investor yang mempunyai resiko moderat. Karena reksadana obligasi ini cocok untuk investor yang mempunyai profil resiko moderat.

Apa Itu Reksadana Obligasi?. Reksadana obligasi adalah reksadana yang sebagian besar investasi nya pada surat utang atau obligasi. Bisa dari pemerintah atau sebuah perusahaan yang memiliki jatuh tempo 1 tahun.

Mempunyai suku bunga yang rendah menjadikan reksadana obligasi bisa dikatakan solid. Selain itu juga mempunyai keuntungan atau return yang tinggi dibandingkan inflasi. Jika kita bandingkan dengan negara lain, kinerja obligasi yang ada di indonesia lebih tinggi.

Kita dapat ketahui apabila suku bunga pada bank sedang turun, selain itu di dukung investor yang aktif berinvestasi, dengan begitu permintaan obligasi juga akan naik.

Sesuai rumus investasi jika permintaan naik maka harga akan ikut naik. Karena barang yang dicari semakin langka, begitu pula sebaliknya.


Reksadana obligasi ini bisa juga dijadikan sebagai salah satu instrumen atau jenis investasi untuk diversifikasi, Karena return yang cukup lumayan dan jangka investasi nya menengah.

Di dalam reksadana obligasi ini kalian juga harus memperhatikan fluktuasi harga, karena adanya pengaruh pada perubahan tingkat suku bunga deposito dan selain itu juga resiko gagal bayar. Gagal bayar ini lah yang bisa menjadikan nilai obligasi akan anjlok.

Bagaimana Caranya Membeli Reksadana Obligasi?

Sekarang yang sudah serba digital, dalam membeli reksadana obligasi sangat mudah sekali:
1. Download di Playstore aplikasi investasi reksadana sesuai keinginan kalian (Pilih aplikasi atau platform yang sudah resmi. Seperti di awasi oleh OJK).
2. Jika sudah ter install. Melakukan tata cara pendaftaran pada masing-masing aplikasi investasi reksadana (Kalian tinggal ikuti arahan cara pendaftaran).
3. Cari atau pilih menu reksadana obligasi (cari jenis reksadana obligasi yang sesuai dengan tujuan investasi kalian dan juga sesuai dengan profil resiko kalian, lakukan analisa sendiri).
4, Beli saja, bisa bayar lewat rekening bank yang ada pada layanan aplikasi investasi reksadana.
5. Diamkan saja biarkan uang kalian yang kerja sekarang.

Pada reksadana obligasi juga memiliki kebijakan yaitu diharuskan untuk investasi nya pada surat berharga minimal 80% dalam bentuk obligasi atau surat utang.


Kalian bisa mengetahui lebih lanjut tentang apa itu reksadana obligasi, jika sudah mulai mencobanya terlebih dahulu. Karena pengalaman dalam berinvestasi sangat penting sekali. Reksadana obligasi ini juga cocok untuk investor pemula yang mau mencoba berinvestasi pertama kali selain reksadana pasar uang.