MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Bicara Psikologi Investasi

Bicara Psikologi Investasi
Add Comments
24 September 2021

Konten kali ini merupakan pendapat atau opini saya pribadi, jadi jika kalian kurang setuju, berikan pendapat kalian di dalam kolom komentar dibawah halaman ini.

Bicara soal psikologi investasi ini ingin saya buat karena pasti dialami oleh semua investor, apalagi untuk investor pemula. Karena dalam investasi psikologi sangat berpengaruh sekali.

Kita yang tidak tau dengan apa yang kita beli saat investasi ketika melihat harganya turun tentu akan mengganggu pemikiran kita, dan akhirnya cut loss, pada akhirnya merugi.

Saya selalu memberitahukan saat melakukan investasi, apalagi yang ber resiko sebaiknya menggunakan uang dingin atau setidaknya kita tau investasi yang kita beli itu seperti apa. Dengan begitu kita akan merasa tenang dengan uang kita yang di investasi kan tersebut.

Pastinya kita bisa tidur dengan nyenyak. Pada dasarnya semua kembali kepada manajemen keuangan masing-masing.


Saya sendiri pada awal memulai investasi, jujur harus menata psikologi jika investasi yang saya beli tidak sesuai dengan saya harapkan. Pondasi awal saya hanya manajemen keuangan pribadi yang saya atur sebaik mungkin untuk melakukan investasi dengan maksimal.

Menurut saya pribadi untuk hal investasi bagi semua orang itu wajib, namun jika kalian mau usaha atau bisnis itu pilihan. Kenapa investasi itu wajib?

Investasi wajib karena kita bisa membeli masa depan kita sekarang ini. Dengan investasi juga bisa membuat kita lebih mudah dalam mencapai tujuan keuangan. Ini juga akan membuat kita menjadi lebih tenang karena ada progres dalam tujuan keuangan yang mau di capai.

Tentu investasi tidak hanya uang, ada juga yang lain. Konsep investasi yaitu membeli masa depan di masa sekarang. Kalau saya membahas investasi yang lain juga, konten ini akan lebih panjang lagi. Mungkin saya akan membahasnya di konten yang lain.

Psikologi ini lah yang perlu kalian tata terlebih dahulu dalam melakukan investasi, jadi kalian tidak akan terganggu pikirannya dalam berinvestasi nanti.

Contohnya saat kalian membeli sebuah saham yang hanya ikut-ikutan teman atau kalian melihat harganya lagi naik banget nih, terus kalian membelinya begitu saja dengan uang yang kalian miliki saat itu.

Jika harganya turun atau tidak sesuai apa yang diharapkan, pasti kalian akan kepikiran uang kalian terus dan akhirnya kalian tidak mau membeli saham lagi.

Beda lagi dengan contoh jika kalian membeli sebuah saham yang sebelumnya kalian melakukan analisa terlebih dahulu, apalagi kalian investasi dengan menggunakan uang dingin. Apapun pergerakan harga saham yang kalian beli, pasti kalian akan merasa tenang dan bisa tidur dengan nyenyak.


Saya beri contoh saham karena aset ini merupakan kategori yang resiko nya tinggi, psikologi pasti akan bermain juga disini. Jika kalian mau berinvestasi dengan resiko lebih kecil dari saham bisa coba dulu dengan membeli aset reksadana.

Kalian juga bisa memberitahu hal apa yang mengganggu psikologi kalian saat berinvestasi di kolom komentar, saya akan bantu menjawabnya.