MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Cara-Cara Berinvestasi Yang Sering Dilakukan

Cara-Cara Berinvestasi Yang Sering Dilakukan
Add Comments
27 September 2021

Dalam berinvestasi setiap orang atau investor memiliki cara, gaya, atau tujuannya masing-masing. Kali ini saya akan memberikan cara-cara yang sering para investor gunakan untuk berinvestasi.

Analisa Fundamental atau Analisa Teknikal

Investor baik pemula atau profesional biasanya menggunakan kedua analisa ini terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi jual atau beli. Mungkin kebanyakan sudah tau bahwa analisa fundamental merupakan nilai dari sebuah perusahaan. 

Kalian bisa analisa antara harga saham dan nilai dari perusahaan tersebut. Jika fundamental nya bagus namun harga saham nya masih murah bisa kalian pertimbangkan untuk membeli, begitu pula sebaliknya.


Sedangkan untuk analisa teknikal bisanya investor menggunakan ini sebagai kapan momentum yang pas untuk menjual dan membeli dengan menggunakan grafik atau chart yang ada history nya.

Kedua analisa tersebut memiliki nilai penting dan bermanfaat dalam melakukan investasi, terutama di pasar modal.

Investasi Jangka Panjang atau Jangka Pendek (Trading)

Dalam berinvestasi tentunya kita sebagai investor perlu melakukan strategi dalam masuk atau keluar pasar. Kita sebagai investor juga harus tau aset yang kita beli cocok nya untuk investasi jangka panjang atau trading, dengan begitu kita sebagai investor bisa meminimalkan resiko.

Perbedaan nya disini jika kalian melakukan investasi tentunya menunggu waktu menjual yang sudah kalian tentukan, dengan harapan saat waktu menjual harganya lebih tinggi. Selain itu investasi jangka panjang juga bisa menghasilkan dengan menggulung uang kalian atau bisa dikatakan bunga majemuk.

Jika kalian melakukan trading kalian harus memerlukan waktu extra dalam masuk dan keluar pasar untuk mengawasi volatilitas harga yang sedang berjalan.


Jadi sesuaikan kemampuan dan profil resiko kalian dalam berinvestasi, cocok untuk jangka panjang atau trading. Kebanyakan investor jangka panjang membeli aset yang memiliki nilai yang baik untuk naik atau terus berkembang dengan fundamental yang kuat juga.

Sedangkan trading kalian harus memiliki kemampuan yang lebih untuk menganalisa sebuah tren grafik aset yang ingin di trading kan.

Value Investing

Seperti halnya investasi jangka panjang. Cara ini digunakan untuk mencari aset atau perusahaan yang memiliki harga pasar rendah dari pada nilai sesungguhnya atau intrinsik nya. Bisa kita umpamakan toko yang menjual barang mahal yang saat itu lagi diskon, Sedangkan barang tersebut dari tahun ke tahun harganya akan terus naik.

Growth Investing

Ini merupakan cara investasi untuk mencari sebuah perusahaan atau aset yang mempunyai kemampuan atau unggul dalam pasar yang lebih tinggi dari pada saingan nya. Biasa nya perusahaan memiliki nilai branding yang kuat. Penting sesuatu kekuatan dalam memberikan kinerja keuangan perusahaan untuk terus bertumbuh dan meningkatkan pendapatan di masa depan.

Momentum Investing

Seperti namanya cara ini memanfaatkan momentum dalam membeli sebuah aset yang permintaan nya lagi tinggi, kemudian menahannya dalam jangka pendek untuk dijual saat harga nya naik. Investor disini seperti halnya melakukan sebuah trading, secepat mungkin menjualnya saat harganya di atas sebelum turun. Karen itu cocok untuk jangka pendek.

Catatan akhir dari saya pribadi, bagi kalian yang ingin masuk ke pasar sebagai investor jangka panjang atau trader, tetap melakukan analisa kalian sendiri. Jadikan pelajaran apapun yang kalian dapatkan di pasar, saat sedang untung atau pun rugi.