MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Cara Menentukan Nilai Unik Produk atau Jasa untuk Usaha Sosial

Cara Menentukan Nilai Unik Produk atau Jasa untuk Usaha Sosial
Add Comments
1 September 2021
Apa itu nilai unik produk dan bagaimana cara menentukan nilai unit produk untuk sebuah usaha sosial?. Harapannya kita bisa mulai menentukan nilai unit produk apa yang ingin ditawarkan oleh usaha sosial kalian.

Kalian mungkin pernah bertanya-tanya kenapa produk elektronik Apple yang harganya lebih mahal diantara kompetitornya bisa menarik banyak pembeli, masuk dalam 10 besar perusahaan yang paling profitable di dunia. Kenapa Maskapai penerbangan asal Malaysia bisa mendapatkan penghargaan sebagai maskapai penerbangan biaya rendah terbaik di dunia. 

Kalian harus tau apa nilai tambah yang kalian tawarkan yang dapat memberikan solusi atau memenuhi kebutuhan konsumen dan komunitas yang ingin kalian bantu. 

Untuk mempermudah dalam menentukan nilai unit produk ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

pertama adalah tetapan kebutuhan konsumen dan komunitas mu apa yang mereka butuhkan, apa kesulitan mereka, dan apa yang mengukur kebutuhan mereka. 

Untuk memetakan kebutuhan kamu bisa menggunakan tabel permintaan kebutuhan. yang pertama adalah apa yang mereka butuhkan.

Kebutuhan di sini bisa berarti kebutuhan fungsional misalnya kebutuhan akan bahan makanan yang organik dan bergizi atau kebutuhan emosional seperti kebutuhan akan senang refreshing dan sebagainya.Kebutuhan sosial misalnya kebutuhan untuk memperlihatkan status sosial atau kebutuhan untuk memberi.


Kedua yaitu apa kira-kira kesulitan mereka dalam memenuhi disini, berupa rasa kasih atau kendala yang dihadapi yang sangat mengganggu. 

Kalau kita lihat dari contoh sebelumnya yaitu kebutuhan akan bahan makanan ya kira-kira Apa saja kesulitan yang dihadapi oleh orang-orang tersebut dalam memenuhi kebutuhan itu. 

Kita bisa melihat bahwa dia harga makanan organik di pasaran cukup tinggi, Selain itu akses ke bahan makanan organik yang bergizi dan beragam itu juga masih sangat sulit.

Biasanya hanya dijual di supermarket besar atau di toko produk organik jadi untuk memenuhi kebutuhan akan bahan makanan organik dan bergizi si calon konsumen mungkin akan merasa terkendala dari segi tingginya harga kesulitan dalam mencari produk organik

Ketiga ada lagi yaitu apa yang mengukur bahwa kebutuhan mereka telah terpenuhi melihat sebelumnya kita bisa berasumsi bahwa kebutuhan calon konsumen terhadap bahan makanan yang organik bergizi dan beragam ini akan terpenuhi. 

Jika produk tersebut gampang diakses dan dibeli oleh konsumen dengan harga yang terjangkau kalau dari contoh perusahaan Apple salah satu nilai unik yang ditawarkan adalah desain yang berbeda dengan slogan think different. 

Apple ingin menjawab kebutuhan emosional dan sosial konsumennya yaitu keinginan untuk keren dan juga untuk mengekspresikan diri secara kreatif, menawarkan nilai unik berupa harga yang sangat terjangkau melalui slogan nya now Everyone can fly ingin menjawab kebutuhan orang-orang untuk melakukan perjalanan jauh.


Kalau tadi dari perspektif konsumen kalian juga perlu memetakan komunitas yang ingin kalian bantu. Proses memetakan kebutuhan ini sangat penting dan bahkan adalah langkah pertama untuk dilakukan, 

Kenapa? karena produk atau jasa yang ditawarkan suatu bisnis atau usaha sosial harus berangkat dari kebutuhan atau permasalahan yang ada dan kemudian menawarkan sebuah solusi setelah tahu kira-kira kebutuhan dari konsumen dan komunitas langkah selanjutnya adalah menentukan personal konsumen personal di sini adalah gambaran deskriptif.

Keempat adalah poin-poin atau tantangan mereka dalam sehari-hari sehubungan dengan produk yang ingin mungkin kelihatannya sangat spesifik ya tapi dengan membuat personal dan bahkan menuliskan nama pesona tersebut kamu akan bisa membayangkan lebih keseharian aspirasi dan kebutuhan dari konsumen kalian.

Menentukan Persona konsumen ini akan sangat berpengaruh kepada Bagaimana kalian mengembangkan produk dan bahkan bagaimana strategi pemasaran dari produk kalian, seperti bahasa atau media komunikasi yang digunakan.