MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Add Comments
3 September 2021

Pengertian Sistem Informasi Manajemen

Saat ini belum ditemukan kesepakatan dari istilah Sistem Informasi Manajemen. Ada penulis memilih menggunakan istilah Sistem Informasi Manajemen menjadi sistem pengolahan informasi, sistem informasi atau keputusan.

Tentang sistem pengolahan informasi pada komputer untuk dirancang dalam mendukung fungsi operasi, manajemen, dan keputusan organisasi. Kali ini kita akan menggunakan istilah Sistem Informasi Manajemen karena umumnya dapat mudah dipahami.

Daftar gaji harus disiapkan, penjualan dan pembayaran atas perkiraan harus dibutuhkan: semua ini dan hal-hal lainnya adalah kegiatan pengolahan data dan harus dianggap bersifat pekerjaan juru tulis; yang  mengikuti suatu prosedur standar tertentu. 

Komputer bermanfaat untuk tugas-tugas pengolahan data semacam ini, tetapi sebuah sistem informasi manajemen melaksanakan pula tugas-tugas lain dan lebih dari pada sekedar sistem pengolahan data adalah sistem pengolahan informasi yang menggunakan kemampuan komputer dalam memberikan informasi untuk manajemen dan pengambilan keputusan.

Sistem informasi manajemen ini bisa kita umpamakan sebagai sebuah piramida, karena lapisan dasarnya terdapat informasi dalam pengolahan transaksi, penjelasan status, dan lainnya.

Lapisan berikutnya terdapat sumber daya sistem informasi dalam membantu perencanaan dan pengambilan keputusan sebagai pengendalian manajemen dan untuk lapisan puncak terdapat sumber daya informasi untuk mendukung perencanaan dan perumusan kebijakan oleh tingkat puncak manajemen.

Dalam sebuah definisi, Sistem informasi Manajemen memiliki istilah umum yang sudah dikenal orang yaitu sistem manusia atau mesin, bisa dikatakan integrated. Berguna untuk memberikan informasi dalam mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan organisasi. Dalam sistem nya menggunakan Hardware dan Software pada komputer, prosedur, pedoman, dan keputusan.

Sistem informasi manajemen ( SIM ) didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan  kebutuhan yang serupa. Para pemakai biasanya membentuk suatu Entitas organisasi formal  perusahaan atau subunit di bawahnya.

Dalam informasi tersebut terdapat bentuk laporan periodik, khusus, dan output. Manajer atau tidak menggunakan output informasi untuk membuat sebuah keputusan dan memecahkan masalah.

SIM merupakan penerapan dari sistem informasi dalam organisasi sebagai pendukung informasi yang ada untuk kebutuhan tingkatan manajemen. Dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen yaitu kumpulan interaksi sistem informasi.


Jenis-jenis Sistem Informasi Manajemen adalah:
Sistem informasi akuntansi
Sistem informasi pemasaran
Sistem informasi manajemen persediaan.
Sistem informasi personalia.
Sistem informasi distribusi
Sistem informasi kekayaan
Sistem informasi analisis kredit
Sistem informasi Penelitian dan pengembangan

Kegiatan Sistem Informasi Manajemen yaitu:
Perencanaan strategi
Pengendalian manajemen
Pengendalian operasi.


Model Sistem Informasi Manajemen

Dalam database tersebut dapat berfungsi untuk digunakan sebagai perangkat lunak yang dapat menghasilkan sebuah laporan periodik, selain itu juga dapat memberikan laporan khusus.

Output perangkat lunak digunakan oleh orang  orang dalam perusahaan yang bertanggung jawab memecahkan masalah perusahaan.

Lingkungan menjadi terlihat ketika perusahaan mengikatkan diri dengan organisasi lain seperti pemasok untuk membentuk suatu sistem informasi antar organisasi ( IOS ).