MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Strategi Investasi Crypto Yang Harus Diperhatikan

Strategi Investasi Crypto Yang Harus Diperhatikan
Add Comments
6 September 2021

Dalam memperhatikan strategi investasi di crypto kita jadi lebih tau kapan untuk beli dan kapan untuk jual. Sama halnya investasi di instrument keuangan yang lain, kita juga perlu melakukan analisa sebelum membeli dan menjual.

Kita tau bahwa setiap instrumen keuangan ada Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal.

Analisa Fundamental adalah analisa yang memperhatikan suatu indikator dari dasar aset, seperti nilai intrinsik dan nilai aset tersebut. Analisa ini biasa digunakan untuk investor jangka panjang.

Analisa Teknikal adalah sebuah analisa dari sebuah grafik pada aset tersebut, bisa disebut juga sebagai indikator trading kuantitatif. Disitu kita bisa melihat dari pergerakan harga dan volume dalam perdagangan dalam jangka waktu tertentu. Analisa teknikal ini bisa mempermudah mengukur momentum pasar dan analisa teknikal bisa digunakan untuk trader harian.

Kedua analisa tersebut boleh saja digunakan secara bersamaan sesuai dengan kebutuhan investasi kita masing-masing. Dengan mengubah karakter investasi dalam jangka waktu yang tidak sesuai perkiraan kita, seorang trader bisa saja menjadi investor jangka panjang dan begitu pula sebaliknya.

Analisa Fundamental Crypto

1. Volume On Chain
ini merupakan tingkat penggunaan teknologi blockchain, data on-chain ini tersedia secara bebas karena blockchain terbuka buat umum.

Kita dapat menyimpulkan dengan tingginya penggunaan blockchain maka semakin tinggi pula coin atau suatu aset blockchain yang ada. Harga aset kripto juga bisa semakin meningkat karena adanya efek jaringan atau network effect.

Ada 2 cara untuk dapat mengukur penggunaan teknologi blockchain ini yaitu dengan mengukur jumlah nilai transaksi dan mengukur jumlah nilai transaksi besar di karingan.

2. Mengetahui Proyek
Dengan memeriksa teknologi nya dan juga pengembangan nya. Faktor utama juga kita bisa ketahui dari latar belakang yang membuat atau mengembangkan teknologi tersebut.

Dalam berinvestasi di crypto ini sama hal nya berinvestasi dengan perusahaan yang baru merintis atau startup. Karena ini merupakan teknologi baru yang masih belum tentu di gunakan oleh masyarakat.


3. Mengetahui Tekonomics
Dengan ini kalian bisa menganalisa permintaan dan penawaran pada aset crypto dengan menggunakan indikator yang sudah ada pada instrument keuangan yang lain.

Disini ada kemungkinan tentang jumlah pada suatu aset crypto jika dibatasi dalam jumlah yang pasti atau bahkan mengalami penurunan jumlah yang ada, maka kenaikan permintaan akan terjadi (langka), dengan itu terjadi peningkatan harga suatu aset crypto tersebut.

Begitu pula sebaliknya jika pembuat atau pengembang crypto rilis jumlah coin, kemungkinan besar harganya akan turun.

Analisa Teknikal Crypto

1. Garis Tren
Ini bisa kalian gunakan dalam menunjukan asar tren harga suatu aset crypto untuk ke depan nya. Jika kita mau mengetahui tren naik bisa dilihat pada titik tertinggi all time, begitu pula sebaliknya.

Jangka waktu tren ini masih sangat sulit dalam menentukan analisa karena bisa terjadi dalam waktu lama, menengah atau dekat. Kalian bisa menggunakan indikator yang ada dalam memahami garis tern.


2. Support dan Resistance
Ini juga digunakan dalam instrument keuangan lain nya sebagai indikator utama dalam melihat permintaan dan penawaran. Dengan batas support dan resistance kita bisa terbantu kapan untuk membeli dan menjual.

Support merupakan titik atau garis tren waktu tertentu, terjadi harga yang menurun akan berhenti sementara, meskipun bisa terjadi dua hal yaitu akan jebol ke bawah atau mantul ke atas.

Resistance merupakan titik atau garis tren waktu tertentu, terjadi kenaikan harga tapi berhenti pada titik atau garis resistance yang sudah ada sebelumnya. Ini menjadi penting juga karena harga akan terus mengalami kenaikan atau malah kembali turun pada harga sebelum nya.