MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

5 Rekomendasi Bisnis Untuk Pelajar SMA, Buat Tabungan Masa Depan

5 Rekomendasi Bisnis Untuk Pelajar SMA, Buat Tabungan Masa Depan
Add Comments
14 Oktober 2021

Emang ada bisnis yang bisa dijalankan anak SMA buat tabungan masa depan?, Pastinya ada. Bahkan anak SMA ini yang mempunyai waktu luang di luar sekolah bisa membangun bisnis untuk masa depan nanti.

Namun dalam membangun bisnis ini juga harus bareng dengan ilmu sesuai dengan bisnis yang akan dibangun. Jika kita bicara soal kalian yang masih anak SMA, Rekomendasi bisnis ini sebagai keuntungan jangka panjang.

1. Dropshipper

Menjadi dropshipper merupakan bisnis yang bisa kalian lakukan tanpa mengeluarkan modal, jadi dropshipper bisa kalian lakukan sambil mengumpulkan modal dalam menjalankan bisnis selanjutnya.

Kebanyakan orang sekarang yang sering belanja online mungkin sudah tau istilah dropshipper. Bagi kalian yang belum tau dropshipper itu apa, saya akan jelaskan sedikit.

dropshipper bisa mudah kita pahami yaitu menjual barang orang lain. Kita hanya butuh strategi promosi. Marketing atau pemasaran dalam menjadi dropshipper sangat penting, karena kalian menjual barang orang lain dengan harga yang kalian berikan sendiri lagi.

Sekarang marketplace seperti Shoppe, Lazada, Tokopedia dan lainnya sudah menyediakan fitur Dropshipper, jadi kalian bisa langsung mengirim ke alamat yang beli dari kalian, tapi yang kirim toko yang kalian beli dan barang nya juga dari toko yang kalian beli.

Cukup modal pemasaran ke target customer kalian, dropshipper ini bisa berkembang jika sudah di sukai banyak orang. Dari selisih penjualan tersebut bisa kalian tabung untuk masa depan atau beralih ke bisnis yang lain dengan menggunakan modal yang kalian sudah punya dari dropshipper tersebut.

2. Membuka Toko Online

Dalam membuka toko online kita di harus kan untuk kreatif dari segi penjualan. Karena sekarang sudah banyak sekali toko online yang ada.

Mulai dari tampilan toko sampai barang yang akan di jual. Jika toko online dan produk masih sama atau bahkan dibawah nya dari toko online yang lain, maka akan sulit terjual.

Membuka toko online bisa dengan modal dan juga gratisan saja. Dengan membuka di marketplace dan barang nya dari toko yang lain, kita bisa membuka tanpa modal. Namun jika kalian mau menjual produk kalian sendiri pastinya kalian memerlukan modal untuk produksi.

Baca Juga: Menabung di Bank Malah Rugi, Kok Bisa?

3. Blogger atau Youtuber

Menjadi blogger atau youtuber menurut saya sangat cocok dilakukan saat SMA atau bahkan SMP boleh coba melakukan. Karena menjadi blogger dan youtuber untuk mendapatkan penghasilan perlu waktu.

Tidak tiba-tiba kalian membuat blog atau channel Youtube langsung di bayar, perlu syarat di masing-masing platform untuk bisa menghasilkan uang. Bahkan jika blog dan channel Youtube kalian sudah profesional bisa mendapatkan dari sumber yang lain dan lebih besar juga.

Gunakan waktu kalian yang masih panjang dan saat luang di SMA untuk membangun Blogger atau Channel Youtube, kalian bisa memilih salah satu. Cocok sebagai penulis yaitu blogger atau pembicara yaitu youtuber.

4. Freelance Sebagai Penulis

Dalam menjadi penulis freelance dalam menghasilkan uang memang tidak mudah, perlu pengalaman dan belajar menulis yang baik untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas.

Jika tulisan kita berkualitas akan dengan mudah dibayar orang lain. Jika kalian di waktu SMA sudah suka menulis, bisa melakukan dulu di blog dan sambil membangun blog tersebut.

Kalau menurut kalian tulisan yang kalian buat sudah baik, bisa mulai untuk membuka jasa menulis. Sekarang jasa penulis banyak juga dibutuhkan. Karena adanya konten kreator yang membutuhkan script dalam pembuatan konten nya.

Baca Juga: Pengertian dan Jenis-Jenis Moving Average

5. Belajar Saham untuk Trading atau Investasi

Disini saya katakan belajar saham ya. Jadi kalian pelajari dulu tentang apa itu saham dan lain sebagainya yang ada pada saham. Kenapa saham? karena sekarang saham sudah bisa dibeli mulai dari 100 ribu saja dan bahkan ada banyak juga harga saham yang dibawah 100 ribu.

Kalian bisa menggunakan uang dingin atau uang yang tidak kalian pakai. Kenapa waktu SMA? karena sebagian besar SMA uang jajan kalian masih ditanggung orang tua, jadi kalau pun uang yang kalian gunakan habis untuk saham, masih bisa jajan.

Jika tujuan kalian investasi maka kerugian itu kemungkinan akan terjadi untuk jangka pendek saja. Saham ini bisa kalian gunakan untuk bisnis atau investasi kalian jangka panjang.

Namun jika tujuan kalian investasi untuk pemula bisa coba reksadana terlebih dulu.