MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Itu Reksadana Saham?

Apa Itu Reksadana Saham?
Add Comments
11 Oktober 2021

Setelah sebelumnya saya sudah memberikan konten tentang apa itu reksadana pasar uang dan reksadana saham. Kali ini kita akan membahas tentang apa itu reksadana saham.

Mendengar kata saham mungkin kalian sudah tidak familiar lagi. Namun bagaimana dengan reksadana saham?.

Sebelumnya kita ulang kembali lagi untuk mengingatkan teman-teman apa itu reksadana, Reksadana bisa kita artikan sebagai tempat mengumpulkan uang atau menabung dengan dana investasi dari masyarakat.

Kemudian akan dilanjutkan ke manajer investasi yang mengelola uang kita tersebut. Manajer investasi ini tentu akan mengelola uang kita secara profesional dalam reksadana ini. Ada juga tenaga ahli yang dimiliki manajer investasi seperti komite investasi dan pengelola investasi.

Sebelum mulai investasi di suatu instrument atau jenis investasi kita harus tau resiko nya lebih dulu. Dalam reksadana saham ini tentu resiko nya berbeda dari reksadana pasar uang dan reksadana obligasi.


Karena reksadana saham memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan reksadana pasar uang atau obligasi, namun keuntungannya juga tinggi. Dengan begitu reksadana saham ini cocok untuk jangka panjang.

Reksadana saham adalah kumpulan saham-saham yang dikelola manajer investasi secara profesional, jadi kita tidak perlu menganalisa per saham lagi. Reksadana saham cocok sekali untuk orang yang tidak punya banyak waktu untuk menganalisa saham, namun mau mendapatkan keuntungan yang sama dari orang yang membeli saham secara individual.

Reksadana saham ini merupakan jenis investasi yang banyak diminati oleh masyarakat juga, karena memiliki keuntungan yang tinggi atau bisa dikatakan menjanjikan. Kita ketahui dulu bahwa dibalik keuntungan yang besar ada juga resiko yang besar.

Bagi kalian yang sudah lama atau sudah terbiasa dengan resiko reksadana saham ini seharusnya sudah mempunyai cara sendiri dalam memperkecil kerugian.

Kalian juga harus tau reksadana saham ini tentunya berbeda dengan membeli saham secara individual atau bermain saham. Kita sebagai investor reksadana saham tidak perlu mengamati fluktuasi harga saham, menganalisa teknikal, menganalisa fundamental dan lainnya. Karena semua hal tersebut sudah dilakukan seorang manajer investasi.

Reksadana saham dan saham didalamnya memiliki portofolio yang sama, dimana didalamnya berupa saham juga. Namun cara investasi nya yang berbeda.

Cara investasi ini lah yang dikelola oleh manajer investasi dalam menjual dan membeli yang lebih memungkinkan. Keuntungan yang kalian dapatkan jika investasi di reksadana saham adalah kenaikan harga yang kalian beli saat harganya di bawah dan dividen.

Baca Juga:

Saham yang berada didalam reksadana saham tidak semuanya bisa dibeli. Saham yang bisa dibeli didalam reksadana saham yaitu yang mempunyai badan hukum yang ter catat pada Bursa Efek Indonesia atau luar negeri.

Tujuannya untuk memberikan perlindungan pada investor atau pemodal. Dalam pendaftaran perusahaan juga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Manajemen Keuangan harus kalian terapkan dengan baik dalam investasi reksadana saham ini. Sesuaikan juga profil resiko kalian dalam berinvestasi. Jika kalian sudah tau profil resiko kalian, bisa menentukan seberapa persen uang kalian yang harus di investasi kan di reksadana saham ini.