BLANTERORIONv101

Sebenarnya Metaverse Itu Apa?

28 Desember 2022

Sudah banyak sekali yang membicarakan tentang Metaverse, namun sebenarnya Metaverse itu apa?. Kita ketahui salah satu media sosial yaitu Facebook sudah memberikan tanda atau sinyal ide maju tentang Meta. Selain itu juga Facebook mengganti namanya menjadi Meta.

Jika anda perhatikan sekarang saat login atau membuka aplikasi  WhatsApp, Instagram, dan Facebook yang dulunya Form Facebook sekarang menjadi Form Meta.

Metaverse ini memang agak sulit dijelaskan, karena alasan belum tentu ada. Namun kemungkinan besar juga akan adanya Metaverse ini. Karena hampir 3 miliar orang menggunakan Facebook setiap bulan.

Jika anda malas membaca, namun mau mengetahui gambaran tentang Metaverse itu seperti apa. Saya rekomendasi kan nonton film "Ready Player One", harus diketahui juga bahwa film itu dibuat ada unsur dramatis nya, anda harus melihat dari sisi teknologi nya.

Istilah Metaverse

Metaverse bukan merupakan istilah yang baru. Jika anda kritis terhadap masa depan, bisa anda pelajari untuk memberikan manfaat kepada diri anda sendiri di masa depan nantinya.

Asal anda ketahui jika berpikir bahwa yang terkenal menciptakan istilah Metaverse Mark Zuckerberg (CEO Facebook), anda salah. Nyatanya yang terkenal menciptakan istilah Metaverse adalah Neal Stephenson. Istilah tersebut terdapat pada novelnya di tahun 1992 berjudul Snow Crash.

Metaverse ini memiliki gambaran terhadap dunia 3D (tiga dimensi) terdapat avatar yang dibuat oleh kita sebagai pengguna yang nyata untuk mengendalikan avatar yang kita buat sendiri di Metaverse.


Gambaran mudahnya Metaverse ini merupakan sebuah tempat berbentuk virtual sebagai avatar didalamnya tanpa ada akhirnya yang saling terhubung. Disini orang dengan menjalankan avatar nya di dalam Metaverse, bisa bermain bersama, bekerja, tentunya bertemu juga dengan menggunakan headset atau kacamata VR.

Kegiatan Apa yang Bisa Dilakukan di Metaverse?

Di dalam Metaverse ini banyak hal yang bisa anda lakukan, sama halnya yang bisa anda lakukan di dunia nyata. Bahkan di Metaverse bisa lebih, maksudnya anda bisa melakukan suatu hal di Metaverse yang tidak bisa anda lakukan di dunia nyata.

Kegiatan seperti perjalanan online, konser virtual, membeli pakaian digital, dan masih banyak lagi yang bisa anda lakukan di Metaverse ini. Bisa jadi di dunia nyata anda bukan siapa-siapa namun jika di Metaverse anda bisa terkenal.


Dengan adanya pandemic sekarang ini yang akan berdampak pada kebiasaan aktivitas seseorang, metaverse ini bisa menjadi alternatif dalam pekerjaan dari rumah. Biasanya WFH cuman bisa Video Conference, dengan adanya Metaverse bisa berkumpul di sebuah kantor virtual.

Itu merupakan penjelasan singkat tentang apa itu metaverse?. Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran tentang Metaverse nantinya akan seperti apa. Metaverse bisa menjadikan dunia digital lebih maju dan semakin canggih lagi kedepan nya. Gunakan sebijak mungkin jika Metaverse sudah ada.

Komentar