MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Itu Koin Cardano?

Apa Itu Koin Cardano?
Add Comments
27 Januari 2022

Cardano merupakan salah satu koin yang banyak di hold atau dibeli untuk jangka panjang oleh investor. Dengan memiliki sistem blokchain POS (proof of stake) cardano jadi lebih dikenal.

Cardano sendiri dikembangkan oleh pendiri ethereum pada tahun 2015, kemudian diluncurkan pada 2017. Selain itu juga cardano berfungsi sebagai kontrak pintar seperti ethereum.

Cardano juga dipercaya sebagai aset crypto yang memiliki versi lebih baik dari pada ethereum. Mata uang crypto pada jaringan yaitu ADA, ini merupakan pengamanan yang cukup berlapis karena crypto generasi ketiga yang lebih muktahir.

Ini juga menjadi solusi terhadap beban tenaga listrik jaringan protokol blokchain berbasis POS. Banyak yang menuding bahwa protokol blokchain lama ini sebagai emas tidak ramah lingkungan, dikarenakan dalam mengamankan jaringan terdapat pengguna komputer yang banyak.

Charles Hoskinson merupakan CEO ethereum yang memulai mengembangkan cardano yang rendah emisi di tahun 2015. Banyak sekali inovasi baru yang dilakukan oleh penggagas ethereum. Cahrles Hoskinson selain cardano juga menciptakan polkadot.


Dalam promosinya disini cardano sebagai alternatif dari ethereum, karena memiliki aplikasi dan juga visi yang mirip. Cahrles Hoskinson memiliki tujuan dalam pembangunan jaringannya yaitu menghubungkan manusia, teknologi, tujuan, riset dan kesempatan melalui jaringan blokchain.

Cardano mempunyai aplikasi utama yang berfungsi untuk menelusuri dan mengelola identitas. Dalam manfaatnya disini kita dapat ketahui yaitu memberantas pasar gelap yang caranya melakukan audit dan melacak proses manufaktur suatu produk mulai hulu ke hilir.

Cardano's partner merupakan pengelola dari protokol cardano yang dijalankan oleh ekosistem terdesentralisasi. Cardano's partner terdiri dari perusahaan teknologi dan engineering IOHK, perusahaan teknologi global EMURGO dan The Cardano Foundation.

Cardano Foundation sendiri melakukan kontrak terhadap 2 perusahaan dalam membantu operasional cardano, yaitu IOHK dan Emurgo. IOHK merupakan tim riset dalam membangun cardano dan melakukan edukasi terhadap penggunanya. 

IOHK juga berkerja sama dengan akademis untuk memastikan riset yang dilakukan berdasarkan ilmiah. Sedangkan Emurgo memiliki tugas dalam menjalankan adopsi komersial dari protokol cardano dengan berbagai bisnis pada sistem blokchain.


Jika ingin tau lebih lanjut tentang cardano ini memiliki mata uang digital yang bernama ADA, nama tersebut diambil dari metematikawan inggris abad 19, yaitu Ada Lovelace.