MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Dasar Menjadi Seorang Entrepreneur

Dasar Menjadi Seorang Entrepreneur
Add Comments
14 Januari 2022
     Kemajuan dalam setiap bidang didominasi karena tingkat pola pikir seseorang yang mengedepankan kreativitas apapun,tentunya hidup di dunia digital seperti sekarang ini, mengajak manusianya untuk berfikir dengan tepat dan tindakan yang manusiawi.

      Menjadi entrepreneur di usia muda memang bakat, karena tidak semua orang paham dan mengerti,dan seperti kita ketahui saat ini, banyak kaum milenial yang terdorong untuk menjelajah di dunia bisnis online, dengan berbagai alasan yang sering tidak masuk akal, seperti bisnis yang menjanjikan satu hari dapat tembus sekian, kita analisa sekarang.

     Dalam dunia bisnis, seorang entrepreneur seharusnya sudah terlebih memperhatikan dulu seluk beluknya, bisnis apa yang akan digelutinya, bagaimana sistem jual beli atau transaksi nya, siapa saja tokoh pemegang bisnisnya, dan sebagainya, karena kebanyakan seseorang hanya melihat background saja, membaca tulisan Kecik nya, tidak memahami secara rinci tentang bisnis online yang akan dilakukannya, disini lah budaya membaca memiliki peran besar untuk kebutuhan seseorang.

     Bicara terkait bakat, semua orang memang dilahirkan dengan kemampuan yang berbeda-beda, tapi apakah setiap bidang kehidupan harus terisi hanya dengan orang yang ahli dan berbakat dalam bidangnya?, Lalu apakah seorang penulis hanya boleh berada dalam bidangnya untuk mengembangkan literasinya? dan bagaimana jika ternyata bakat bukan menjadi suatu dasar yang pokok yang akan menentukan tepat atau tidaknya seseorang beradu dalam bidangnya?.

     Pembahasan kali ini lebih spesifik mengarah ke kemampuan dalam entrepreneurship, beberapa kejadian telah terbukti bahwa Bakat bukan menjadi faktor dominan yang akan menentukan masa depan seseorang akan seperti apa, karena kenyataannya dapat kita lihat seorang Ibu Rumah Tangga yang memiliki bakat koki dan hobinya hanya memasak sejak kecil.

     Berkat keuletan atau ketekunannya dalam waktu tidak sampai 3 tahun, ia telah sukses dalam online bussines nya, ibu Rumah Tangga tersebut awalnya mengira bahwa BO atau Bisnis online rumahan tidak akan menyita banyak waktu untuk keluarga, sehingga seiring berjalannya waktu kemampuan berbisnis nya ia asah setiap hari, meski ia mengetahui bahwa pekerjaan yang ia lakukan berbanding terbalik dengan bakatnya, Optimis akan sukses rupanya telah membawa jiwanya bangkit hingga berapa jumlah rupiah yang diraupnya tidak di perhitungkan.

     Bisnis online memang menjadi trending topik di kalangan remaja saat ini, dan entah karena alasan apa banyak remaja yang menggeluti bisnis online? Apakah memang berjiwa entrepreneur atau hanya sekedar "life style" dengan ikut-ikutan. Sebuah bisnis seharusnya menjadi kegiatan yang serius dan berkelanjutan, karena ini juga akan menggambarkan bahwa seorang enterpreneur tersebut memang benar-benar meyakinkan akan produk online yang dijualnya, bukan malah hanya sekedar mengisi story produknya karena kegabutan.


     Setelah kita mengetahui terkait bisnis yang akan dijalankan, jika kita masih menjadi downline seseorang, maka kita juga terlebih dulu yakin bahwa orang tersebut akan mengantarkan kita pada tujuan, dan jika kita seorang pemilik maka kita harus memahami seputar bidang entrepreneurship secara mandiri.

     Selain menjadi trend di kalangan remaja, sebenarnya bisnis online juga banyak di geluti oleh para Ibu Rumah Tangga, alasan mereka yang ingin tetap bekerja dari rumah agar dekat dengan keluarga, banyak para IRT yang sukses dengan bisnis online nya, mereka yang pandai dalam cara mempromosikan.

     Sukses berbisnis di usia muda itu orang-orang pilihan dan bakat, kita tidak bisa hanya karena di iming-imingi (digiurkan) dengan foto uang, lantas kita langsung berpikir bahwa dengan waktu yang singkat kita akan kaya, itu adalah pikiran buruk, bagaimana mana mungkin kita seorang entrepreneur pemula yang hanya duduk santai rebahan dan online gadget dapat menghasilkan uang banyak jalan satu hari, bahkan seorang pebisnis yang memiliki beberapa cabang toko pun terkadang masih sulit untuk mendapatkan perhatian dari pelanggan.

Berikut ada dua resep untuk mengembangkan sebuah bisnis online:

1. Relasi, maksudnya bangun sebuah hubungan kepada orang-orang yang berpengalaman dalam dunia bisnis dan bangun solidaritas dengan banyak teman, untuk mempromosikan produk.
2. Make sure, artinya yakinkan produk yang dijualnya, dengan up to date setiap harinya

Berjiwa Entrepreneur di usia muda, memang hebat berbakat, tetapi perlu diketahui bahwa dalam menjalankan bisnisnya diperlukan bimbingan terlebih dahulu, dan mesti belajar enterpreneurship sebelumnya. Bagaimana bisa sebuah bangunan yang kokoh berdiri tanpa ada pondasi yang kuat?.


Dari Ulasan diatas, kita mengetahui bahwa menjadi enterpreneur tidak harus berbakat sejak kecil, karena penilaian awal seseorang belum tentu benar jika proses saja adalah penilaian yang paling penting, intinya bisa jadi setiap orang memiliki jiwa entrepreneur, tergantung pada seseorang tersebut mengolah dan mengasah kemampuannya.