MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Jual KTP Sebagai NFT di Opensea?

Jual KTP Sebagai NFT di Opensea?
Add Comments
13 Januari 2022

Setelah viral Ghozali Everyday memiliki keuntungan miliaran rupiah di penjualan aset digital yaitu NFT. Banyak orang mau mendapatkan uang seperti Ghozali dengan cara instan yaitu menjual KTP supaya lebih cepat laku.

Itu merupakan suatu tindakan yang sangat salah sekali, karena mengkhawatirkan sekali melihat kan data pribadi kalian yang salah satunya KTP.

Dalam kejadian menjual KTP di OpenSea membuat Kominfo mengambil upaya untuk memutus konten atau foto NFT KTP, karena hal tersebut merupakan pelanggaran perlindungan data pribadi.

Dedy Permadi merupakan juru bicara Kementrian Komunikasi dan Informatika memberikan pernyataannya, sudah melakukan koordinasi dengan marketplace NFT OpenSea. Di marketplace OpenSea yang kini malah banyak NFT foto KTP, supaya dapat melakukan pemutusan.


Dedy juga memberikan pernyataan tentang pengawasan secara rutin kepada penyelenggara sistem elektronik, salah satunya dengan cara memoderasi konten. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mencegah konten negatif di dalam marketplace OpenSea.

Selain itu juga marketplace OpenSea ditegaskan dan diharuskan untuk memastikan sistem yang dalam pengelolaannya tidak ada konten yang melanggar perundang-undangan.

Banyak sekali muncul NFT baru yang aneh-aneh sejak viral nya Ghozali Everyday dari Indonesia. Selain kesalahan besar dalam menjual foto KTP dan foto selfie dengan KTP di OpenSea, ada juga yang menjual foto NFT lemari dan ada yang lucu juga menjual foto koruptor di Indonesia yaitu Nazaruddin sampai Setya Novanto.

NFT KTP di jual seharga 0,5 Ethereum atau setara dengan Rp23 Jutaan, itu merupakan salah satu harga foto KTP dengan selfi di marketplace OpenSea.


Jika kalian mau melakukan investasi dalam sebuah platform apapun, lakukan riset terlebih dahulu. Pelajari dengan baik dan benar manfaat dan buruknya investasi di plaform yang kalian pilih. 

Tujuan kalian investasi untuk mendapatkan keuntungan di masa depan, malah jadi memberikan penyesalan. Riset pribadi juga sangat penting, dengan riset pribadi kita jadi tidak gampang terpengaruh dengan berita yang ada.

Jika kalian gampang terpengaruh dengan berita viral yang ada seperti Ghozali Everyday, ya hasilnya seperti ini, foto KTP kalian di jual sebagai NFT di OpenSea.