BLANTERORIONv101

Menabung atau Investasi?

19 Januari 2022
Berita kemunculan miliarder muda baru-baru ini tengah menggencar di telinga masyarakat, lantas bagaimana bisa seorang yang terlihat diam tiba-tiba menjadi miliarder dadakan?, Apakah hanya persoalan keberuntungan ?, Tentu tidak, menjadi seorang miliarder maka harus menyukai tantangan, harus diuji kesabaran, dan enggan takut gagal.

Ternyata background pada miliarder yang gencar di berbagai media sosial itu memiliki perjalanan yang tidak singkat, mereka membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berinvestasi berbasis digital, dan tentunya mereka memiliki tujuan investasi yang jelas, sehingga Investasi jangka panjang yang kebanyakan di geluti nya itu, menjadi salah satu target penghasilan di masa mendatang.

Banyak anak muda era revolusi industri 4.0. yang belum paham betul perbedaan antara menabung dan berinvestasi, keduanya memang sama sama mengeluarkan uang, akan tetapi menabung identik dengan menyimpan uang, baik dalam celengan atau pun dalam bank, sementara investasi mengarah pada kemampuan seseorang dalam menanam modal baik dalam jangka pendek atau pun jangka panjang. 

Jadi definisi di atas menunjukkan bahwasanya tujuan utama dari menabung adalah untuk menyiapkan dana cadangan di masa depan, akan tetapi tujuan dari berinvestasi adalah untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. 

Investasi menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia berkembang, dengan berinvestasi berarti kita peduli pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, selain itu investasi memberikan jaminan pada masa depan kita, karena aset investasi kita menghasilkan keuntungan.


Dengan begitu mendorong pola pikir kita untuk tidak konsumtif, alias mengajak kita untuk hidup dengan pola lebih hemat, serta tentunya akan menjadikan rumah tangga masa depan kita lebih harmonis dengan berinvestasi di usia muda, karena kita tidak lagi memikirkan biaya hidup atau biaya masa depan nanti.

Kita adalah generasi milenial Revolusi Industri 4.0, yang mana kita dihadapkan pada teknologi yang semakin maju, salah satunya adalah internet, menyinggung terkait pengguna internet, hampir dari kalangan muda hingga tua keseluruhan adalah pengguna gadget, banyak sekali fitur-fitur terbaru aplikasi ekonomi digital yang mengharuskan kita untuk tetap aktif dan up to date.

Bicara soal investasi, banyak sekali jenis investasi selain tabungan yang perlu kalian ketahui, seperti deposito, saham, properti, Reksadana, emas dan sebagainya. Kehadiran investasi berbasis online telah membantu para investor untuk menanamkan modal anti ribet dan tanpa keluar rumah. 

Bagi pemula akan dibingungkan dengan jenis investasi apa yang akan dilakukan, sebelum kalian mulai berinvestasi, kalian harus memahami lebih dulu, terutama seberapa modal yang kalian pegang, karena jika kalian tipe orang yang konservatif maka lakukanlah Investasi Reksadana pasar uang, karena risiko reksadana ini dikatakan paling rendah dibandingkan jenis reksadana yang lain, dan kamu akan tetap mendapatkan keuntungan meski tidak besar seperti reksadana saham.

Jika kalian adalah tipe orang sabar, maka kalian perlu mencoba investasi emas, tetapi pastikan tujuan dari investasi emas, karena investasi ini merupakan investasi jangka panjang dan kalian harus secara berkala mengecek harga emas. 

Kemunculan aplikasi investasi emas seperti pegadaian emas, Tokopedia emas, Shopee, Peluang dan lain sebagainya, telah membantu para investor untuk berinvestasi secara praktis, serta karena tingkat likuiditas nya yang tinggi jadi mudah untuk mencarikannya menjadi uang tunai.

Saat ini terdapat sekitar 7 juta investor, ada Sekitar 80,4% investor muda berusia di bawah 40 tahun, sekitar 45,7% investor muda berusia di atas 18-25 tahun, dan investor muda mendominasi pasar modal Indonesia. Angka tersebut menunjukkan ketertarikan anak muda sekarang terhadap investasi.


Setelah kalian membaca ini, tentu pikiran kalian sudah diarahkan pada target atau penghasilan, karena bagaimanapun anak muda identik dengan penyuka tantangan, begitu pun dengan investasi semakin besar hasilnya maka akan semakin besar resiko, atau tantangan yang dihadapinya. So, mulailah berinvestasi sejak dini!.
Han'sRoom
Assalamualaikum... Penulis mengucapkan: selamat membaca dan jangan lupa ikuti blog penulis, terimakasih...

Komentar