MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Nabi Muhammad SAW; Nabi dan Rasul Terakhir, Menjadi Tauladan Umat Islam

Nabi Muhammad SAW; Nabi dan Rasul Terakhir, Menjadi Tauladan Umat Islam
Add Comments
10 Januari 2022

Nabi Muhammad SAW mempunyai ayah bernama Abdullah, yang meninggal sebelum Nabi Muhammad SAW lahir. Siti Fatimah merupakan ibu beliau yang meninggal saat Nabi Muhammad SAW umur 6 tahun. Lahir sekitar tahun 570 M di Mekah, Arab Saudi.

Ayah dan juga ibunya yang meninggal, menjadikan beliau diasuh dan dibesarkan kakek dan kemudian paman nya. Nabi Muhammad dapat bertumbuh dengan baik, meski sebagai anak yatim. Kesukaan terhadap dagangnya sudah disukai sejak beliau kecil. Nabi Muhammad dapat bertumbuh menjadi anak yang jujur, baik, cerdas, dan cepat tanggap.

Bertumbuh nya usai menginjak remaja, beliau sudah memulai berbisnis. Bisnis saat remaja merupakan hal yang wajar bagi daerah tempat tinggal beliau. Namun dalam hal berbisnis ini Nabi Muhammad mendapat julukan "al-Amin" yaitu seseorang yang dapat dipercaya. Julukan tersebut lah yang menjadikan beliau menonjol dari pada pebisnis lainnya, berkat kemampuan dan sifatnya.

Sifat beliau yang tegas dan lemah lembut dan berdagang sudah ke berbagai daerah menjadikan semakin terkenal, ada seseorang yang menyukai sifatnya beliau yaitu Siti Khadijah, merupakan istri pertama Nabi Muhammad SAW. Beliau bersama Khadijah jadi pedagang yang sukses dan terpercaya.

Itulah sekilas tentang Nabi Muhammad SAW, jika anda ingin lengkap bisa membeli buku tentang kisah Nabi Muhammad secara lengkap atau membaca artikel lain yang lebih lengkap juga mulai dari beliau lahir sampai wafat. Berikut saya akan memberikan 1 kisah saja dari sekian banyaknya kisah Nabi Muhammad SAW yang menginspirasi:

Memiliki Kerendahan Hati dan Cerdas

Kita sebagai seseorang selalu diajarkan untuk mencari dan menambah ilmu pengetahuan. Kita juga harus selalu ingat untuk selalu rendah hati, karena masih banyak pengetahuan lain yang belum diketahui. Nabi Muhammad SAW telah memberikan contoh dalam hal ini.

Pada saat melindungi kota Madinah dari serangan, dalam memutuskan strategi militer yang baik beliau mengumpulkan beberapa pandangan dari para sahabatnya. Setelah berbagai masukan di dapat, akhirnya beliau sudah mendapatkan salah satu strategi meskipun bukan pendapat beliau sendiri.

Dalam hal ini Nabi Muhammad SAW menunjukan dan mempertahankan kerendahan hati dan intelektual nya, karena beliau masih mendengarkan orang lain untuk memberikan ilmunya.

Dapat kita pelajari disini untuk selalu memberikan atau menunjukan kerendahan hati dalam berbagai aspek kehidupan.