BLANTERORIONv101

4 Cara Mengatur Bisnis Online yang Tepat untuk Pemula

8 Februari 2022

Sekarang ini sistem perdagangan kita sudah berubah, yang dulunya banyak yang masih melakukan perdagangan dengan bertemu langsung di suatu tempat. Namun sekarang ini orang sudah banyak beralih ke marketplace.

Maka dengan begitu dalam mengelola sebuah bisnis online sekarang ini sangat penting untuk kita pahami agar mendapatkan keuntungan. Kita pasti sudah ketahui marketplace itu seperti apa, yang merupakan platfrom digital yang semua orang bisa berbelanja disini. Contoh salah satu marketplace yang terkenal di indonesia yaitu Shopee dan Tokopedia.

Banyak sekali kelebihan yang bisa kita dapatkan menggunakan marketplace ini, yaitu bisa belanja tanpa harus bertatap muka, cukup pesan dengan jari saja barang sudah datang, dan bisa melakukan pembayaran dengan mudah menggunakan metode pembayaran yang sudah banyak.

Namun kekurangan marketplace juga ada, yaitu barang yang kita beli masih belum tau kualitas nya seperti apa, karena kita belum pegang barangnya secara langsung dan terdapatnya biaya tambahan seperti ongkos kirim atau biaya penanganan.

Sekarang sudah banyak brand besar dan ternama beralih ke marketplace untuk mengikuti perkembangan jaman dan juga memperluas pasarannya. Selain itu marketplace juga dimanfaatkan oleh reseller dan dropshipper untuk memperoleh keuntungan.

Dengan begitu dalam mengelola sebuah bisnis online bisa anda pelajari dengan baik dan tepat terutama untuk pemula. Anda bisa mempelajarinya di blog bisnis f&b, disini anda bisa memperoleh artikel lengkap tentang bisnis online dan artikelnya cocok juga untuk pemula yang mau mulai bisnis online.

Berikut 4 Cara Mengatur Bisnis Online yang Tepat untuk Pemula:

1. Mulai Dulu Dengan Modal Kecil

Dalam memulai sebuah usaha tidak selalu membutuhkan modal yang banyak. Apalagi dalam era digital dengan adanya marketplace, kita bisa belajar mengatur bisnis online dengan modal yang kecil dan bahkan tanpa modal dengan menjadi reseller atau dropshipper.

Anda bisa mulai saja dulu dengan menjual barang orang lain dan anda hanya tinggal melakukan pemasaran barang sesuai dengan target marketing anda masing-masing. Cukup mulai dengan menghasilkan keuntungan perharinya secara konsisten dan setelah penghasilan anda konsisten bisa fokus mengembangkan bisnis untuk menambah keuntungan.

Jangan lupa juga untuk membaca artikel dari blog bisnis f&b dalam menjalankan bisnis, karena disitu terdapat banyak sekali manfaat yang dapat anda praktekan saat mengembangkan sebuah bisnis.

2. Peralatan Kerja: Smartphone, Data Seluler atau Wifi

Tidak usah ditanyakan lagi untuk soal smartphone, hampir semua orang bahkan anak yang masih SD sudah mempunyai nya. Pastinya juga sudah dilengkapi data seluler untuk mendukung smartphone dalam menjalankan internet.

Jika anda sudah punya ini, saatnya bisa memulai dengan mudah dalam mengatur bisnis online. Disini anda juga diharuskan untuk bisa mengoperasikan smartphone dan apabila perangkat anda memiliki performa yang bagus, ini sangat membantu anda dalam mengelola sebuah bisnis online.

3. Melakukan Promosi Menarik

Sebuah promosi yang menarik merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai kesuksesan bisnis online. Disini kreatif anda diperlukan dalam membuat promosi yang menarik, agar audiens tertarik untuk membeli produk anda.

Anda bisa memanfaatkan media sosial dalam membuat promosi, seperti video atau foto. produk anda Jika anda manfaatkan media sosial sebagai promosi menarik dengan baik, maka peluang dilihat dan dibeli semakin banyak. Selain itu anda bisa mengikuti program marketplace, dengan tujuan produk promosi anda mudah ditemukan oleh calon pembeli.

4. Membuat Sebuah Tim

Penting sekali membuat sebuah tim ketika bisnis online anda sudah berkembang dan semakin banyak pesanan yang didapat. Karena sangat sudah jika anda menjalankan sendirian, selain itu jika anda menjalankan sendirian akan memakan banyak waktu.

Anda bisa membaca artikel yang ada di blog bisnis f&b dalam mengatur bisnis online saat sudah mulai berkembang.

Respon yang cepat dan baik didalam sebuah chat marketplace sangat berpengaruh sekali terhadap calon pembeli. Dengan respon yang cepat dan baik calon pembeli akan lebih percaya, senang dan nyaman untuk membeli produk anda.

Sebaliknya jika respon yang diberikan dalam chat sangat lama dan kurang ramah, bisa jadi calon pembeli akan pindah ke toko online lain. Dengan ini kita jadi tahu harus rekrut tim seperti apa, pilih lah yang bisa menjalankan teknologi atau paling tidak mengerti soal marketplace dan juga ramah.

Komentar