BLANTERORIONv101

5 Rekomendasi Bisnis Untuk Tahun 2022

15 Februari 2022

Sekarang banyak sekali model usaha yang dapat kalian lakukan, namun itu semua tergantung kemauan dan berani untuk memulai. Jika kita melihat ke belakang banyak sekali perilaku usaha yang berubah saat adanya pandemi.

Ada yang bekerja dari rumah, restoran atau warung memberlakukan peraturan baru atas keputusan pemerintah dan sampai banyak karyawan yang di PHK, kemudian dituntut untuk membuka usaha sendiri.

Rekomendasi yang saya berikan ini membutuhkan skill yang harus kalian pelajari dulu sebelum memulainya. Bisnis ini bisa mendatangkan penghasilan besar, karena skill yang kalian miliki jika sudah profesional.

Sebelum memulai bisnis ini sebaiknya ikut dulu kelas online tentang skill didalam bisnis tersebut. Namun, jika kalian mau yang gratis bisa menggunakan youtube atau google. Berikut 5 Rekomendasi Bisnis Untuk Tahun 2022:

1. Digital Printing

Perlu skill didalam bisnis ini, karena jika kita asal-asalan maka hasilnya tidak akan maksimal dan akhirnya kosumen tidak ada. Karena bisnis ini menggunakan teknik digital sebagai media transfer, melalui materi ke media percetakan. Dengan mudah dapat kita ketahui bahwa digital printing merupakan sebuah proses cetak gambar yang sudah didesain selanjutnya ke media fisik.

2. Menjual Desain Kaos

Sekarang sudah banyak sekali orang atau toko online yang menjual kaos bervariasi. Disini kalian harus bisa membuat desain kaos yang inovatif dan bisa diterima oleh banyak orang. Pemasaran juga penting dalam menjual kaos. 

Membuat desian dan menjual kaos bisa kalian lakukan secara online. Sebenarnya banyak yang bisa kalian jual mulai dari desian untuk cover ponsel, jaket dan tas. Jika masih belum punya modal untuk menjualnya secara fisik, kalian bisa melakukan penjualan desainnya dengan target pembuat barang tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Bisnis Dropshipper?

Sekarang banyak situs yang menyediakan tempat untuk menjual desian, yaitu Upwork, Fiverr, Dribbel dan lainnnya. Kalian bisa coba dulu situs tersebut untuk mulai menjual desian yang sudah dibuat dan siap untuk dipasarkan.

3. Kelas Online Bersertifikat

Banyak peran yang bisa kalian ambil saat ada kelas online bersertifikat. Biasanya jika ada kelas online yang memberikan sertifikat banyak orang yang ikut. Disini kalian tidak diharuskan menjadi pembicara utama atau orang utama yang memiliki acara ini dan yang tanda tangan di sertifikat, tapi jika hal tersebut bisa kalian lakukan coba lakukan saja.

Disini kalian bisa menjadi MC atau orang yang memberikan tutorial pembelajaran tentang kelas online ini. Tentu dalam hal ini kalian memerlukan skill yang sudah mahir.

4. Membuat dan Menjual Produk Digital

Produk digital ini sangat banyak, bisa kalian jual dipasaran. Seperti saya bilang diawal kalian harus mempunyai skill atau pemahaman untuk membuat dan menjual produk digital karena tidak mudah. Namun, jika sudah berjalan lancar dan penjualannya konsisten maka hasilnya akan besar dengan modal yang kecil.

Saya akan memberikan beberapa produk digital yang bisa kalian jual, yaitu Template Blogger, Hosting, Domain, Jasa Ketik, Jasa Pembuatan Website dan lainnya.

Baca Juga: Mau Bikin Jaket, Tapi Susah Cari Jasanya? Ini Dia Jasa Pembuatan Jaket Terpercaya

5. Membuat dan Rillis Buku Elektronik

Sekarang kalian dapat rillis buku tanpa dicetak secara fisik. Ini jauh lebih mudah dan simpel dalam pemasaran maupun pembuatan. Kita juga pasti tau ada kekurangan dalam target pasar yang berbeda. Karena dengan rilisnya secara online, tentu kalian juga harus menjualnya secara online. Banyak platfrom yang bisa kalian gunakan untuk menjual buku secara online salah satunya di Google Play, Amazon, Rakata dan lainnya.

Komentar