BLANTERORIONv101

Apa Itu Bisnis Dropshipper?

10 Februari 2022

Dropshipper merupakan bisnis online dengan modal kecil. Disini kalian tidak perlu memerlukan banyak modal, cukup dengan memasarkan suatu produk untuk dibeli. Sekarang dropshipper sudah banyak dijalankan salah satunya melalui marketplace.

Sistem penjualannya sangat simpel sekali, sama halnya kalian menawarkan barang milik orang lain tapi barang tersebut dibeli melalui kalian terlebih dahulu. Dalam menjalankan bisnis dropshipper teknik marketing sangat penting sekali.

Disini kalian bisa menentukan harga sendiri dari harga barang yang asli dan menjualnya ke orang lain atau target pasar kalian. Dalam menjalankan usaha sebagai dropshipper kalian tidak perlu melakukan penyimpanan stok dan kalian tidak perlu melakukan produksi sendiri.

Dalam setiap toko yang menyediakan dropship terkadang kalian harus membelinya terlebih dahulu dan ada juga dari toko langsung mengirimkan ke pembeli kalian, jadi kalian langsung mendapatkan keuntungan selisih harga yang kalian buat sendiri.

Selain itu dalam soal pemesanan, kalian tidak perlu lagi melakukan pengecekan barang dan packing, karena semua persiapan barang ke tangan pembeli kalian sudah di kerjakan oleh toko tangan pertama.

Keuntungan yang pastinya kita sudah tau, bahwa bisnis dropship ini memerlukan modal kecil dari pada bisnis online lainnya. Sangat cocok sekali bagi kalian yang mau mencoba sebuah usaha online. Karena menjadi dropshipper tidak perlu stok barang.


Jika kalian menjadi dropshipper bisa dilakukan sebagai sampingan atau penghasilan tambahan, karena jam kerjanya fleksibel. Selain itu mudah dan sangat efisien, karena kalian cukup menjualnya saja tanpa memikirkan pengecekan dan pengemasan barang.

Menjual produk beragam menjadi keuntungan lain menjadi dropshipper, karena di berbagai pihak kita bisa menjual dengan barang yang berbeda dan menentukan target pasar sendiri. Untuk yang masih pemula mau mencoba bisnis dropshipper sebaiknya menjual barang 1-5 jenis barang saja dari suppiler yang sama.

Jika kita menyimpan barang pasti perlu memikirkan tempat, keamanan dan kualitas barang supaya terjamin, dengan menjadi dropshipper kita tidak perlu lagi memikirkan akan hal tersebut dan selain itu menghemat banyak tenaga, karena kalian hanya fokus ke marketing saja.

Dalam setiap kelebihan suatu bisnis pasti ada kelamahannya. Kelemahan menjadi dropshipper kalian tidak memiliki kontrol terhadap barang. Hal ini menjadikan kalian akan bergantung terhadap pemilik barang.

Selain itu ketersediaan barang tidak bisa kita perkirakan sendiri, ini bisa kita lakukan dengan cara selalu cek ketersedian barang ke suppiler.


Kalian akan direpotkan jika seorang pembeli memesan berbagai barang, sedangkan suppiler kita berbeda. Apalagi jika barang tidak sesuai di tangan pembeli, maka kalian akan direpotkan untuk pengurusannya.

Kekurangan yang lain yaitu laba yang didapat tidak banyak, karena kalian harus bersaing dalam harga. Jika harga yang anda tawarkan terlalu tinggi makan konsumen akan beralih ke penjual yang lain.

Komentar