BLANTERORIONv101

Apakah Saham yang Aman Untuk Pemula?

17 Februari 2022

Bagi yang sudah tau bahwa saham memiliki resiko yang tinggi, jadi sebisa mungkin kita harus meminimalisir resiko tersebut untuk mendapatkan profit. Konten kali ini saya tidak merekomendasi saham atau mengarahkan untuk membeli saham tertentu, namun saya lebih memberikan penjelasan tentang ada atau tidak saham yang aman untuk pemula.

Jika diberi pertanyaan Apakah Saham yang Aman untuk Pemula?

Saya akan menjawab tidak ada, karena semua saham individual memiliki resiko dan tidak bisa dipastikan aman. Tapi resiko tersebut setiap perusahaan memilikinya masing-masing. Biasanya untuk pemula disarankan untuk membeli saham bluechip.

Apa itu saham bluechip?, sederhananya saham bluechip adalah saham-saham yang memiliki reputasi yang baik, market yang besar, kualitas yang baik dan lainnya, menggambarkan bahwa perusahaan tersebut memiliki pengaruh juga terhadap IHSG.

Contoh sedikit saham bluechip yaitu BCA,BNI, Mandiri dan BRI. Itulah empat bank besar di Indonesia yang memiliki market yang besar. Pemula yang baru masuk ke saham biasanya disarankan membeli ini. Tapi kembali lagi ini bukan ajakan atau arahan untuk membeli saham tersebut.

Gunakan riset kalian sendiri dari pembelajaran riset yang sudah kalian pelajari, kemudian lakukan keputusan atas keputusan sendiri dalam membeli saham. Jika nanti harganya turun kalian tidak akan menyalahkan orang lain. Tentu yang bisa kalian salahkan hanya lah diri sendiri, hal tersebut itu lah yang bisa kalian jadikan evaluasi dalam melakukan analisa kedepannya lebih baik lagi.

Baca Juga: Apa Itu Saham?

Kembali lagi ke saham yang aman untuk pemula, bagi kalian yang mau lebih aman lagi dalam membeli saham. Bisa ke instrument reksadana yang bernama reksadana saham. Di dalam instrument reksadana saham di dalamnya berisi juga saham, namun ini kumpulan dari berbagai saham yang dipilih oleh manajer investasi.

Jika kalian mau membeli saham yang aman yang harus kalian lakukan yaitu riset saham tersebut sebaik mungkin, walaupun resiko tentu ada. Tidak mungkin saham akan naik terus, dalam penurunan harga saham itu lah yang disebut salah satu dari resiko investasi.

Baca Juga: Perbedaan S&P 500 dan Nasdaq

Bagi kalian yang masih pemula, sekarang saham sudah bisa dibeli lewat online, kalian bisa cari saja di Playstore atau AppStore. Gunakan aplikasi jual beli saham yang aman, sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kalian bisa cari di website resmi OJK untuk mencari aplikasi jual beli saham yang resmi.

Komentar