MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Cara Beli Saham Online Lewat Smartphone

Cara Beli Saham Online Lewat Smartphone
Add Comments
18 Februari 2022

Sekarang jaman yang kita sudah semakin dipermudah, salah satunya beli saham lewat online. Karena investasi atau trading di saham merupakan salah satu cara dalam mendapatkan profit yang cukup besar, namun besar kecilnya tergantung kalian sendiri.

Ini merupakan salah satu sumber income tambahan yang bisa dilakukan siapapun, asalkan kalian belajar terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia saham. Lewat genggaman smartphone kalian sekarang saham sudah bisa di per jual belikan dimana pun saat jam bursa.

Sebelum membeli atau menjual saham online lewat smartphone tentu ada beberapa hal yang harus disiapkan, Salah satunya aplikasi jual beli saham yang sudah resmi dan diawasi OJK yang cocok juga untuk pemula yaitu Ajaib, daftar dengan kode fari515. Sebenarnya banyak aplikasi sekuritas, namun saya rekomendasikan Ajaib karena tampilannya yang simpel dan cocok untuk pemula.

Dengan memanfaatkan peluang pada harga saham, kalian bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Persiapan dalam terjun ke dunia saham cukup penting, karena dengan persiapan atau ilmu yang cukup, kita bisa minimalisir resiko.

Jika ilmu atau pemahaman kita kurang, asal terjun ke dunia saham maka kemungkinan hasil yang didapat hanya kerugian. Apalagi jika kalian mau bermain trading, maka pemahaman itu harus lebih banyak lagi. Karena resiko trading lebih banyak dari pada investasi.

Cara Beli Saham Online Lewat Smartphone

1. Mengunduh Aplikasi Jual Beli Saham

Langkah pertama sebelum kalian investasi atau trading yaitu unduh terlebih dulu aplikasi sekuritas sahamnya untuk melakukan jual beli saham. Kalian bisa download saja di playstore atau appstore. Untuk pemula saya sarankan download aplikasi Ajaib.

Kalian bisa pelajari dulu aplikasi tersebut sebelum melakukan trading atau investasi. Ketahui dulu semua fiturnya, agar nanti kalian tidak kebingungan saat melakukan transaksi jual beli saham.

2. Deposit

Jika sudah mempelajari aplikasinya dan dirasa sudah cukup. Kalian bisa melakukan deposit rekening bank ke RDN (Rekening Dana Nasabah). RDN merupakan sebuah rekening khusus dalam menyimpan uang untuk digunakan dalam jual dan beli saham. Gunakan uang dingin atau uang yang tidak terpakai untuk kebutuhan pokok.


3. Membeli Saham Pilihan

Kalian bisa melakukan analisa kalian sendiri. Jika kalian belum tau analisa saham bisa belajar terlebih dahulu, bagaimana cara analisa saham baik fundamental atau teknikal. Karena analisa sendiri dan membuat keputusan sendiri sangat disarankan dalam beli dan jual saham.

Jangan sampai kalian ikut-ikut hasil keputusan analisa orang lain, karena jika salah atau harganya turun dan kalian rugi, kemungkinan besar kalian akan menyalahkan orang tersebut. Pada akhirnya kalian tidak melakukan evaluasi, kenapa bisa mengalami kerugian. Untuk pemula saya sarankan pilih saham yang memiliki market yang besar atau yang kalian ketahui.

4. Investasi atau Trading

Ada dua pilihan setelah kalian membeli saham, yaitu mau hold atau menahannya dalam jangka waktu yang lama dengan harapan harga sahamnya akan naik dalam jangka panjang, ini yang bisa disebut juga sebagai investasi. Atau mau jual dalam jangka pendek, setelah harga saham tersebut naik sedikit atau cut loss saat turun sedikit.

Ini merupakan sebuah pilihan pribadi, jadi kalian perlu ketahui juga cocoknya jual beli saham seperti apa. Masing-masing baik investasi atau trading punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga: Apa Itu Saham?

5. Menentukan Momen

Dalam membeli saham pentingnya analisa salah satunya yaitu menentukan momen. Saat harga saham dikira sudah turun paling dalam dan akan mengalami pemantulan harga ke atas dan saat itu kita beli, ini lah merupakan saat yang tepat dalam membeli saham untuk mendapatkan profit yang maksimal.