MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Perhatikan 5 Cara Ini Dalam Memilih Laptop Terbaik

Perhatikan 5 Cara Ini Dalam Memilih Laptop Terbaik
Add Comments
27 Februari 2022

Dalam memilih laptop bukan hal mudah, apalagi jika mempunyai budget yang pas-pas an untuk pelajar dan mahasiswa. Oke, untuk orang yang mempunyai budget besar mungkin tidak terlalu kebingungan dalam memilih dan membeli laptop bagus, tanpa memikirkan laptop terbaik dengan budget seminimal mungkin.

Sebelum masuk ke teknisnya dalam menentukan laptop yang bagus seperti apa, anda harus menentukan dulu laptop mau beli lewat offline atau online. Banyak yang beranggapan bahwa beli offline harganya lebih mahal dan laptopnya versi lama, kalau online nanti barang yang datang tidak sesuai harapan.

Namun, untuk anggapan baiknya bahwa beli offline kita langsung tau fisik dan kondisi laptopnya dan ada tokonya, kalau terjadi apa-apa sama laptop yang kita beli, bisa langsung ke tokonya. Kalau online bisanya kita bisa mendapatkan barang termurah dan terbaru.

Disini saya menyarankan untuk bisa beli langsung ke official store atau toko resmi dari laptop yang anda cari, baik toko resmi secara fisik atau toko resmi online, jadi lebih aman dan terjamin untuk laptop yang anda beli tersebut.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih dan membeli laptop, yaitu Harga, Merk Laptop, Sistem Operasi Laptop dan masih banyak lagi, yang akan saya jelaskan 6 hal yang penting dan harus diperhatikan dalam memilih laptop.

1. Menentukan Ukuran dan Desain Laptop Sesuai Dengan Kebutuhan

Ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan pertama kalinya. Dalam membeli laptop pasti setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing terhadap laptop tersebut, jadi tentukan ukuran dan desain yang anda butuhkan atau inginkan.

umumnya untuk ukuran layar laptop mulai dari yang kecil 11,6 inch hingga terbesar 17,7. Bisanya untuk laptop dengan ukuran layar kecil cenderung ringan, jadi mudah untuk dibawa kemana pun. Sedangkan laptop dengan ukuran layar besar cenderung berat, Bisanya sering digunakan dalam satu tempat yang lama dan jarang dibawa-bawa.

Sedangkan untuk desian kembali ke selera masing-masing pribadi, tidak menentu juga laptop mahal desainnya bagus dan sebaliknya laptop murah desian nya jelek. Untuk harga mahal dan murahnya bisa kembali ke spesifikasi laptop tersebut.

2. Menentukan Kapasitas Memori RAM yang Diperlukan

Dalam kebutuhan memori RAM setiap orang tentu berbeda-beda, kembali lagi ke kebutuhan. Banyak laptop sekarang menggunakan memori RAM sebesar 8GB, sedangkan untuk gaming atau editing bisa menggunakan RAM minimal 8GB, untuk kelancaran bermain game dan juga editing perlu diperhatikan spesifikasi laptop yang lain juga.

Mungkin jika digunakan untuk kebutuhan sekolah atau kuliah RAM 8GB sudah cukup. RAM merupakan penyimpanan data sementara, jadi hal yang dikerjakan dalam laptop anda waktu itu juga bisa muat di RAM. Resikonya jika RAM terlalu kecil, anda tidak bisa membuka atau menjalankan fitur lain di laptop lagi dengan lancar dan bahkan bisa sampai tidak dapat membuka fitur lagi.
Baca Juga:
3. Perhatikan Kapasitas Baterai

Dalam memilih baterai yang besar, anda bisa memperhatikan saja dalam Wh atau mAh. Jika angka tersebut semakin besar, maka baterai tersebut akan semakin lama daya tahannya. Tentukan kapasitas baterai tergantung kegunaan anda dalam laptop yang akan dibeli.

Jika laptop yang anda beli sering digunakan pergi-pergi, sebaiknya memilih kapasitas baterai lebih besar. Namun, jika sering digunakan di rumah dan stop kontak selalu siap di sampingnya, pertimbangan baterai yang besar tidak terlalu masalah, walaupun penting juga memilih baterai yang besar.

4. Memilih CPU yang Tepat

Bisa menjadi catatan bahwa CPU mempunyai generasi, jika generasi tersebut semakin baru, maka akan semakin bagus. Jika anda mau membeli laptop yang digunakan untuk gaming nantinya, disarankan minimal membeli core i5 dari intel atau ryzen 5 dari amd.

Bisa dikatakan bahwa CPU merupakan pusat atau otak dari sebuah laptop dan juga komputer, jadi ini merupakan faktor pertimbangan yang penting juga dalam memilih laptop.

5. Memilih Penyimpanan HDD atau SSD?

Ini merupakan kinerja drive penyimpanan, jadi penting juga selain CPU. Ini kembali lagi dalam penggunaan anda di laptop, disarankan jika tidak memerlukan banyak penyimpanan internal, bisa pilih laptop yang menggunakan SSD. Karena SSD akan memberikan kecepatan yang lebih terhadap keseluruhan dari pada HDD. Namun, memilih HDD pun juga tidak salah, kalau memerlukan penyimpanan yang besar.

Dalam memilih sebuah laptop itu semua tergantung ke kebutuhan masing-masing dan juga budget yang tersedia. Dari banyaknya pertimbangan pilih yang cocok sesuai dengan kebutuhan anda.

Jika informasi ini masih kurang lengkap untuk anda dalam cara memilih laptop, anda bisa mengunjungi ceklist.id. Disana anda bisa menemukan banyak informasi yang lebih lengkap dan bisa mempertimbangkan lebih banyak lagi dalam membeli laptop terbaik.