MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Itu Futures Trading Pada Cryptocurrency?

Apa Itu Futures Trading Pada Cryptocurrency?
Add Comments
8 Maret 2022

Sekarang banyak orang yang masuk ke aset bitcoin atau market crypto yang menjadikan pelayanan pun ikut berkembangan, seperti kontrak berjangka ini.

Kalian sekarang dapat melakukan perdagangan aset crypto tidak tertuju yang biasa saja seperti spot market. Munculnya futures market ini bisa digunakan dalam cara lain untuk berdagang, namun kalian harus ketahui bahwa futures market lebih berbahaya dari pada spot market.

Futures market biasanya digunakan oleh trader ahli yang sudah tau cara trading di futures dan resikonya. Untuk pemula sebaiknya trading di spot market terlebih dulu, karena resikonya lebih kecil.

Futures trading ini muncul karena peningkatan jumlah pertukaran pada aset crypto yang memberikan penawaran perdagangan kontrak berjangka. Dengan adanya futures market ini semakin banyak pedagang ritel atau trader melakukan percobaan menggunakan futures market ini, kalian bisa temukan futures market salah satunya di Exchange Binance.

Trader yang sudah profesional biasanya menggunakan futures market untuk menentukan posisi analisanya dalam dua arah pada market crypto. Selain itu futures market bisa digunakan untuk mengurangi resiko dan juga meningkatkan leverage pada strategi masing-masing trader.

Apa Itu Futures Trading Pada Cryptocurrency?

Penjelasan sederhananya disini dapat kalian ketahui bahwa futures market ini adalah perjanjian dalam membeli dan menjual aset crypto pada kemudian hari dengan harga yang sudah ditentukan sekarang. Banyak yang mengenal sebagai instrumen derivatif, karena nilai tergantung pada aset dasar.

Sebelumnuya mungkin kita lebih mengenal forex sebagai kontrak berjangka yang didalamnya berupa aset emas, minyak dan lainnya.

Didalamnya untuk pembelian kita bisa mengenal dengan istilah long, dengan ini kita mengharapkan kenaikan harga pada aset dasar tersebut. Dengan ini kita melihat potensi untuk jangka panjang.

Selain itu untuk penjualan ada istilah short, untuk ini memprediksi untuk penarikan atau penurunan harga yang ada di aset tersebut untuk mendapat keuntungan.

Sedangkan untuk penambangan aset crypto mendapatkan manfaat dari menggunakan instrumen keuangan dengan lindungan nilai pendapatan di masa depan, selain itu juga mengurangi tidak pastinya arus kas.

Kalian juga harus ketahu perbedaan perdagangan menggunakan spot market yang jual belinya selesai dalam waktu yang sama dengan perdagangan. Selain itu jika kita melakukan pembelian di spot market mendapatkan aset crypto, sedangkan penjualnya akan menerima uang fiat atau bisa juga stabelcoin (USDT dan lainnya) dalam perdagangan tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Spot Trading di Dalam Cryptocurrency?

Berbeda dengan futures market yang pada kedua pihak melakukan transaksi yang akan menyetorkan margin masing-masing. Jadi disini dapat kita ketahui bahwa di awal perdagangan futures market tidak ada pihak yang menerima apapun.