BLANTERORIONv101

Apa Itu Spot Trading di Dalam Cryptocurrency?

5 Maret 2022

Mungkin dari kalian yang sudah bermain crypto pernah mendengar kata spot trading, namun masih belum mengetahui yang sebenarnya spot trading itu apa.

Spot trading merupakan konsep trading yang banyak digunakan atau sekarang kalian membeli dan menjual crypto di market spot. Jika kalian masih terbayang atau asing dengan spot trading ini, saya akan memberikan dengan bahasa yang mudah.

Jika kalian bermain di spot trading maka dalam proses pembelian dan penjualan koin atau aset crypto yang kalian beli tersebut dilakukan pada saat itu. Contohnya dapat kita temukan di aset investasi lain, seperti saham, komoditas dan mata uang.

Spot trading ini sangat simpel dan banyak digunakan orang yang baru masuk ke dunia trading atau investasi, karena selain bisa dilakukan secara instan dan jika kita membeli mempunyai sebuah aset.

Jika terjadi penurunan harga, maka hanya aset yang kita beli tersebut yang mengalami penurunan nilai. Seperti kita membeli barang secara fisik, misalnya emas yang mengalami kenaikan dan penurunan nilai setiap waktu. Namun, pada crypto cukup tinggi resikonya.

Kalian juga harus tau terdapat harga bid dan offer pada crypto. Kita bisa membeli crypto di market spot jika harganya sudah sesuai saat itu juga. Ini merupakan konsep trading yang cukup sederhana.

Baca Juga: Ini Dia Token yang Didukung Oleh Sinarmas dan TokoCrypto, NanoByte (NBT)

Bagi kalian yang baru masuk ke crypto bisa coba membeli untuk investasi atau trading di market spot. Bisanya para trader mengharapkan harga aset yang mereka beli bisa naik dalam waktu dekat atau naik harian untuk mendapatkan keuntungan harga yang cepat walaupun tidak banyak.

Para trader bisa mengambil keuntungan sedikit, namun berusaha untuk konsisten dalam profitnya setiap hari. Berbeda dengan investor di market spot, biasa investor tidak terlalu mengharapkan kenaikan waktu dekat atau bahkan harian, karena sebagai investor tujuannya untuk jangka panjang.

Jika terjadi penurunan jangka pendek tidak menjadi masalah bagi para investor, karena mereka bisa melakukan DCA (Dollar Cost Averaging) atau membeli pada saat harga turun.

Tadi terdapat beberapa kata saya menyebutkan market spot, bedanya apa dengan spot trading?. Spot trading bisa kita katakan sebagai tindakan jual dan beli, sedangkan market spot merupakan tempatnya dalam membeli dan menjual dengan proses yang cepat.

Dengan harga real-time saat itu juga menjadi kelebihan dalam menjual, membeli, atau memiliki aset crypto dengan proses yang cepat dan mudah.

Untuk membeli aset crypto di market spot memerlukan pihak ke 3 yaitu Exchange. Kita bisa top up ke Exchange terlebih dahulu dengan uang rupiah atau real, setelah itu kita bisa membeli aset crypto yang diinginkan.

Baca Juga: MANA: Koin Metaverse Cocok Untuk Investasi

Untuk pencairannya pun sebaliknya, dengan kalian menjual aset crypto di Exchange, kemudian melakukan penarikan ke e-wallet atau rekening bank kalian.

Komentar