MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Apa Saja Dasar Margin Trading?

Apa Saja Dasar Margin Trading?
Add Comments
17 Maret 2022

Dalam melakukan trading salah satunya di aset crypto pasti memerlukan strategi, agar hasil yang didapat saat trading sesuai planning. Tidak diperbolehkan dalam trading yaitu asal jual dan beli tanpa kita tau alasannya.

Strategi ini diterapkan untuk mengambil keputusan pada analisa pasar yang ada saat itu. Kali ini saya akan membahas jika kalian mau menaikan strategi dalam trading, dengan menggunakan margin trading didalam analisa pasar trading kalian.

Keuntungan yang kalian dapat saat menggunakan margin trading ini dari yang namanya market swing. Strategi trading ini akan memberikan kalian untuk eksekusi didalam startegi trading yang kalian tentukan supaya lebih aktif dan kompleks lagi dalam menghasilkan keuntungan cepat.

Dalam penggunaan margin trading ini penting kalian ketahui, bahwa dalam aset crypto memberikan kemungkinan untuk pengguna dalam meminjam uang dengan dana yang pengguna punya saat ini dalam memperdagangkan aset crypto yang disebut on margin di bursa aset crypto.

Apa Itu Margin Trading?
Trading pada umumnya menggunakan dana sendiri dalam kegiatan trading pada market aset crypto. Namun, margin trading adalah pengguna atau trader meminjam sejumlah dana dalam membantu trader untuk mendapatkan keuntungan dua kali lipat dari jumlah dana yang digunakan dalam kegiatan trading.

Contoh mudahnya dalam praktik trading disini bahwa margin trading memberikan izin kepada kalian dalam mengajukan pinjaman atau leverage sesuai dengan kebutuhan. Kita andaikan disini kalian letakan Rp250.000 dan leveragenya 4:1 untuk melakukan peminjaman Rp750.000 dalam membeli Ethereum dengan nilai Rp1.000.000.

Istilah Margin Trading yang Harus Diketahui

1. Margin
Margin merupakan dana dari bagian yang kalian gunakan untuk trading. Untuk resikonya disini terdapat dari ketergantungan strategi yang kalian gunakan, selain itu dalam kerugian tidak terbatas hanya margin.


2. Cross Margin
Cross Margin merupakan open position atau buka posisi untuk menggunakan saldo yang tersedia dalam mendanai kerugian supaya posisi margin kalian tetap terbuka.

3. Position
Kata position disini dikenal dengan open margin tarde.

4. Isolated Margin
Isolated Margin merupakan jumlah margin ditetapkan pada isolated margin untuk menentukan berdasarkan sisa dan pada akun.

5. Laverage
Laverage merupakan suatu proporsi atau bagian dalam tarding kalian yang diberikan kedalam bentuk pinjaman.

6. Likuidasi
Likuidasi merupakan penutupan trading kalian secara paksa, ini dikarenakan margin yang kalian sediakan sudah habis.

7. Used Margin
Used Margin merupakan banyak saldo kalian gunakan untuk trading yang ditahan, digunakan untuk membuka dan pertahankan posisi spot di margin.

8. Free Margin
Free Margin merupakan margin yang sudah kalian miliki untuk membuka posisi spot baru di dalam banyak ruang yang kalian miliki.


9. Margin Level
Margin Level merupakan dekatnya pada posisi spot kalian di margin likuidasi.

10. Trailing Stop
Trailing Stop merupakan pemberhentian pesanan atau stop order dengan batasan sesuai dengan harga market.