MASIGNASUKAv102
7301652214019600311

Inilah Alasan Penting Menentukan Tujuan Investasi di Reksadana

Inilah Alasan Penting Menentukan Tujuan Investasi di Reksadana
Add Comments
11 Maret 2022

Dalam memulai sebuah investasi menentukan tujuan sangat lah penting, karena itu saya membuat konten ini khusus untuk membahas pentingnya dalam membuat tujuan terlebih dahulu sebelum memulai investasi.

Untuk konten kali ini saya akan khusus membahas dalam konteks tujuan investasi di reksadana, walaupun tidak jauh beda dalam tujuan investasi di instrument lainnya.

Tujuan investasi sendiri ada jangka pendek, menengah dan panjang. Berapa lamanya kalian sendiri yang mengetahui jangka waktunya.

Namun disini saya akan memberikan perumaan menurut saya sendiri, bahwa untuk jangka pendek untuk investasi dalam waktu 1 tahun. Sedangkan untuk jangka menengah untuk tujuan investasi dalam waktu 2 - 5 tahun dan jangka panjang untuk waktu 5 tahun.

Untuk sepesifiknya berapa lama kalian sendiri yang mengetahui. Tujuan ini harus kalian buat dengan harapan kalian tidak akan mengambil uang tersebut sebelum tujuannya tercapai.

Kita bisa ibaratkan saat sedang keluar rumah dan akan melakukan perjalanan, pasti kita mempunyai tujuan akan kemana, jika kita tidak mempunyai tujuan maka dijalan kita akan kebingungan dan bergerak kemana pun tanpa arah.

Berbeda lagi jika kita keluar rumah dan sudah mempunyai tujuan, maka kita akan terarah untuk menuju kesana dan jika sedang naik kendaraan dan bensin habis maka kita akan mencari pom bensi untuk melanjutkan ke perjalanan sampai ke tujuan.

Simpelnya bisa kita ibaratkan seperti itu, dengan harapan supaya lebih mudah dimengerti dan kalian tidak meremehkan dari tujuan investasi.

Tujuan investasi setiap orang tentu berbeda-beda, jadi saya tidak bisa tujuan investasi harus seperti apa. Namun saya bisa memberikan contoh kecil saja tujuan investasi seperti, Dana Pernikahan, Dana Beli Rumah, Dana Darurat dan lainnya yang bisa kalian sesuaikan sendiri.

Dalam reksadana ada 3 instrumen penting yang harus kalian ketahui sebelum memulai investasi yaitu reksadana pasar uang, reksadana obligasi dan reksadana saham. Masing-masing instument tersebut mempunyai resikonya masing-masing. Saya sudah bahas lengkap di artikel berikut:
Baca Juga:
Jika kalian sudah mempunyai tujuan dalam investasi di reksadana, kemudian segera mungkin bisa memulainya. Investasi di reksadana bisa mulai dari 100 ribu saja dan bahkan ada yang bisa memulai dari 10 ribu.

Untuk memulai uang bukan menjadi alasan lagi, anak sekolah sekarang saja jajan setiap hari sudah kurang lebihnya 10 ribu, namun kalian juga tidak boleh asal investasi.

Maksudnya disini asal investasi yaitu memilih platfrom investasi yang tidak resmi. Kalian bisa investasi reksadana secara online sekarang lewat aplikasi yang resmi dan sudah terdaftar di OJK, salah satunya yaitu Bibit. Jika kalian mau mendaftar bisa masukan kode referral saya investasiuang untuk mendapatkan cashback.